Bagaimana Menyiapkan Pesmol ikan salem yang Enak Banget

William Vargas   24/09/2020 12:40

Pesmol ikan salem
Pesmol ikan salem

Lagi mencari ide resep pesmol ikan salem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan salem yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Pesmol ikan salem enak lainnya. Ini pertama kali saya masak pesmol otodidak, biasanya kan dimasakin mertua atau beli ke warung nasi pesmolnya pasti ikan nila atau ikan mas. Saya coba deh ikan jenis lainnya daaan terpilihlah ikan salem.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan salem, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pesmol ikan salem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pesmol ikan salem sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pesmol ikan salem menggunakan 17 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pesmol ikan salem:
  1. Siapkan 1/2 kg ikan salem segar
  2. Ambil 1 glondong jahe parut
  3. Gunakan Bumbu halus
  4. Ambil 5 btr Bawang merah
  5. Ambil 3 siung bawang putih
  6. Ambil 2 ruas jahe
  7. Ambil 2 ruas kunyit
  8. Ambil 2 ruas lengkuas
  9. Gunakan 1 sdt ketumbar
  10. Ambil Bumbu pelengkap
  11. Sediakan 1 btg sereh
  12. Ambil 3 lbr daun jeruk
  13. Gunakan 1 sdt tidak penuh garam
  14. Sediakan 1 sdt gula pasir
  15. Gunakan 1 sdt tidak penuh royco ayam
  16. Gunakan 500 ml air matang
  17. Gunakan 1 btg daun bawang

Rasa bumbu ini gurih sekaligus pedas. Nah, agar bumbu lebih meresap, ikan digoreng dulu sebelum diberi bumbui pesmol. Ikan yang digunakan pun bisa apa saja. Namun, biasanya dipilih ikan nila agar renyah saat digoreng.

Cara membuat Pesmol ikan salem:
  1. Baluri ikan dg jahe parut diamkan 15 mnt. Goreng ikan smpai matang. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap kecuali daun bawang sampai harum
  2. Tambahkan air tunggu smpai mendidih masukan ikan aduk sesekali jgn terlalu sering diaduk nanti ikan hancur.
  3. Saat air hampir habis masukan daun bawang aduk sebentar sampai layu. Matikan api, sajikan 😊

Lihat juga resep Pesmol Ikan Ekor Kuning enak lainnya Untuk resep bahan pesmol ikan ekor kuning ini aku tuliskan dibawah yah teman-teman. Pesmol ikan kembung Cookpadekitchen Reecook Suci Wulandari. Tak heran jika manfaatnya untuk kesehatan patut diandalkan bukan? Nah, resep masakan ikan laut berkuah ini cocok dijadikan referensi pengolahannya. Resep Nasi Ikan Salem Bumbu Sarden.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pesmol ikan salem yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved