Langkah Mudah untuk Membuat KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng yang Lezat

Sylvia Alvarado   29/09/2020 04:19

KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng
KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng

Sedang mencari inspirasi resep karipap pusing aka pastel goreng yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal karipap pusing aka pastel goreng yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng. Lihat juga resep Pastel keong aka karipap pusing enak lainnya. Pastel renyah ,pastel berlapis atau dikenal dengan nama karipap pusing malaysia (curry puff) atau pastel singapur.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari karipap pusing aka pastel goreng, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan karipap pusing aka pastel goreng enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat karipap pusing aka pastel goreng yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng menggunakan 9 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng:
  1. Sediakan Bahan A :
  2. Gunakan 100 gr mentega putih
  3. Siapkan 50 gr margarin
  4. Gunakan 300 gr tepung terigu
  5. Siapkan Bahan B :
  6. Sediakan 700 gr tepung terigu serbaguna
  7. Gunakan 50 gr margarin
  8. Gunakan 1/2 sdt garam
  9. Gunakan 350 ml air

Cara buatnya juga mudah, cocok buat jualan atau arisan.. Karipap Pusing, demikian teman-teman di Malaysia sering menyebutnya. Ini jenis lain dari pastry Asia dengan kulit renyah berlapis-lapis membentuk motif pusar di tengah. Sehingga ia juga populer dengan nama Pastel User-User, dan dari pusar itu pulalah datangnya kata "pusing". hihihi.

Langkah-langkah menyiapkan KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng:
  1. Campur bahan A, uleni hingga kalis. Bulatkan dan letakkan di wadah tertutup. Sisihkan.
  2. Campur bahan B, uleni hingga kalis. Bulatkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Bagi adonan A dan B menjadi 4 bagian yang sama,Bulatkan. Ambil 1 bagian adonan B, gilas tipis. Letakkan 1 bagian adonan A di tengahnya. Lipat adonan B hingga menutupi seluruh pernukaan adonan A
  4. Gilas adonan hingga tipis (jangan sampai sobek ya). Gulung memanjang.
  5. Gilas kembali hingga tipis dan gulung kembali sambil dipadatkan. Iris menjadi 4-5 bagian atau sesuai selera.
  6. Bila ingin membuat dalam ukuran besar, iris agak tebal. Lakukan hingga semua adonan habis. Lakukan hingga semua adonan habis.
  7. Ambil 1 bulatan, tipiskan dengan rolling pin. Beri isian sesuai selera. Pilin bagian tepi seperti pastel. Lakukan hingga habis.
  8. Panaskan minyak, goreng hingga coklat keemasan atau hingga matang. - Angkat dan tiriskan.
  9. Karipap pusiing siap di hidangkan.

Makanan ini terkenal di Malaysia dengan sebutan karipap pusing, karena layer-layernya muter jadi dibilang pusing. Resep dan cara buat pastel karipap pusing atau how to make curry puff pastry makanan asal dari negeri jiran malaysia. Karipap bisa disimpan dalam freezer untuk digunakan kemudian. Caranya dengan goreng karipap hingga setengah matang lalu simpan dalam wadah tertutup. Jika ingin dikonsumsi, goreng karipap kembali dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan KARIPAP PUSING aka Pastel Goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved