Langkah Mudah untuk Membuat Sambal pecak ikan asap, Sempurna

Jane Owen   24/09/2020 14:15

Sambal pecak ikan asap
Sambal pecak ikan asap

Anda sedang mencari ide resep sambal pecak ikan asap yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal pecak ikan asap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal pecak ikan asap, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sambal pecak ikan asap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Pecak Ikan Pari Asap Sambal Mentah. Yang panas gini enaknya makan yg simpel dan nikmatnya terasa. Hari ini saya membuat sambel ikan pari asap, tinggal dipecak aja manyus sekali.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sambal pecak ikan asap sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sambal pecak ikan asap memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal pecak ikan asap:
  1. Sediakan 3 ekor ikan asap
  2. Sediakan 12 biji cabe rawit hijau
  3. Gunakan 2 siung bawang putih
  4. Sediakan 2 siung bawang merah besar
  5. Sediakan secukupnya Garam
  6. Gunakan 1 bks trasi udang (bisa nggak pakai sesuai selera)
  7. Ambil 1 buah tomat muda atau tomat hijau
  8. Sediakan Sasa secukupnya (selera masing2)
  9. Sediakan secukupnya Minyak goreng
  10. Gunakan 1 buah jeruk limo atau jeruk nipis (sesuai selera)

Klo di probolinggo ikan pari asap biasa dipanggil ikan pe, beli di pasar biasanya udah ada yg langsung. Sambal pecak merupakan salah satu sambal ulek yang banyak disukai masyarakat di Pulau Jawa. Baca juga: Resep Sambal Andaliman Khas Batak, Pendamping Makan Ikan Mas Bakar. Sambal pecak biasanya terdiri dari cabai, bawang putih, kemiri, dan diracik dengan santan.

Cara membuat Sambal pecak ikan asap:
  1. Goreng ikan asap terlebih dahulu agar lebih gurih
  2. Setelah selesai menggoreng ikan asap, kemudian kita goreng semua bahan untuk sambalnya.
  3. Setelah terlihat layu semua bahan untuk sambalnya kita masukkan kedalam ulekkan dan kita ulek. Beri minyak sedikit (boleh nggak dikasih minyak)
  4. Setelah selesai bisa disajikan untuk lauk makan… silahkan dicoba ya bunda…

Lihat juga resep Ikan Pecak sambel gledek enak lainnya. Goreng ikan hingga matang kecokelatan dan kering bagian luarnya. Untuk sambal pecak, sangrai jahe, bawang merah cabai rawit dan cabai keriting hingga layu dan terbakar bagian luarnya. Ulek halus bersama kacang tanag goreng, gula merah, garam dan air jeruk nipis. Resep sambal ikan asap adalah salah satu resep maskan khas masyarakat di wilayah pesisir Indonesia.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal pecak ikan asap yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved