Resep Pesmol Ikan Nila, Bikin Ngiler

Thomas Lowe   30/11/2020 19:52

Pesmol Ikan Nila
Pesmol Ikan Nila

Anda sedang mencari inspirasi resep pesmol ikan nila yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan nila yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pesmol ikan nila, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pesmol ikan nila yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Pesmol ikan Nila enak lainnya. Salah satu jenis ikan tawar yang sering dikonsumsi adalah ikan nila. Pada resep kali ini, ikan nila akan diolah dengan bumbu pesmol.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pesmol ikan nila yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pesmol Ikan Nila menggunakan 19 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pesmol Ikan Nila:
  1. Sediakan 7 siung Bawang merah
  2. Ambil 5 siung Bawang putih
  3. Ambil 1 ruas jari Kunyit
  4. Gunakan 1 ruas jari Jahe
  5. Gunakan secukupnya Lengkuas
  6. Gunakan 3 biji Cabe rawit merah
  7. Ambil 3 butir Kemiri
  8. Siapkan 2 ekor Ikan nila
  9. Sediakan 2 buah Batang sereh
  10. Sediakan 1 lembar Daun salam
  11. Siapkan 1 buah Jeruk nipis
  12. Gunakan 1 buah Wortel
  13. Ambil 1 buah Timun
  14. Gunakan 5 buah Cabe rawit merah
  15. Ambil 5 buah Cabe rawit hijau
  16. Ambil Air
  17. Siapkan Gula
  18. Gunakan Garam
  19. Sediakan Penyedap (saya pakai royco rasa ayam)

Selain nila, kamu juga bisa memasaknya dengan jenis ikan lain yang sudah jadi favorit keluarga. Ikan pesmol nila ini juga sangat cocok jika disandingkan dengan nasi liwet khas Sunda yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Untuk membuat nasi liwet khas Sunda tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini. Selain lezat, kandungan nutrisi pada ikan nila juga sangat besar sehingga baik untuk pertumbuhan si kecil dan.

Cara menyiapkan Pesmol Ikan Nila:
  1. Bersihkan ikan nila, potong menjadi 2 bagian per ekor. Lumuri dengan perasan jeruk nipis dan setengah sendok teh garam, lalu goreng ikan sampai garing di luar.
  2. Haluskan Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri dan 3 buah rawit merah. Potong wortel dan timun serong panjang. Geprek batang sereh.
  3. Tumis bumbu halus bersama dengan batang sereh dan daun salam sampai wangi dan matang. Masukkan wortel dan timun, tuang sedikit air. Biarkan sampai wortel seperempat matang.
  4. Jika wortel dan timun sudah agak matang, tambahkan sedikit air lagi, masukkan rawit hijau, rawit merah utuh, gula, garam dan penyedap lalu rasa. Masukkan ikan lalu tunggu sampai bumbu meresap ke dalam ikan dan airnya berkurang.

Beberapa macam ikan yang biasa diolah dengan pesmol ini di antaranya adalah ikan mas, ikan kembung, ikan gurame, ikan bandeng, ikan nila, dan udang. Warna kuning yang terdapat pada bumbunya tersebut berasal dari penggunaan kunyit yang cukup banyak. Resep Ikan Pesmol Nila Sunda - Salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah ikan. Alasannya adalah karena ikan memiliki banyak gizi serta manfaat untuk kesehatan tubuh. Cara paling mudah untuk menikmati ikan adalah dengan cara digoreng.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pesmol Ikan Nila yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved