Langkah Mudah untuk Menyiapkan 189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura yang Bisa Manjain Lidah

Allen Barrett   13/07/2020 00:35

189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura
189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura

Sedang mencari ide resep 189 pecak ikan asap khas pantura yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 189 pecak ikan asap khas pantura yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Jakarta - Pecak ikan bercitarasa gurih segar sangat enak disantap dengan nasi hangat. Ikan asap menu favorit berbuka puasa masyarakat pesisir Pantura. Pasar ikan asap ramai di bulan Ramadan, warga sabar menunggu proses pengasapan sambil menunggu waktu berbuka.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 189 pecak ikan asap khas pantura, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan 189 pecak ikan asap khas pantura yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan 189 pecak ikan asap khas pantura sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura menggunakan 12 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan 189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura:
  1. Gunakan Ikan asap (sekitar 150 gram)
  2. Sediakan Minyak goreng
  3. Gunakan Bahan Sambel:
  4. Siapkan Cabe kriting merah
  5. Ambil Cabe rawit merah
  6. Ambil Bamer (Bawang merah)
  7. Ambil Asam jawa
  8. Ambil Terasi (1,5 bungkus kecil Terasi udang ABC)
  9. Siapkan Garam
  10. Sediakan Gula jawa
  11. Siapkan Lalapan (optional):
  12. Sediakan Timun

Sambel Pecak merupakan perpaduan antara sambel terasi (tentunya dengan resep rahasia keluarga) dengan 'santan mentah'.. Pada posting-an sebelumnya, saya pernah juga menampilkan resep pecak ikan gurame, anda bisa klik link di sini untuk melihatnya. Nah, di luar dugaan saya, ternyata kuah pecak di restoran H. Muhayar cukup berbeda dengan yang pernah saya buat sebelumnya.

Langkah-langkah menyiapkan 189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura:
  1. Panaskan Minyak goreng. Goreng Ikan asap hingga matang. Angkat.
  2. Sementara menggoreng Ikan asap, siapkan semua Bahan Sambelnya lalu haluskan.
  3. Setelah Ikan asap digoreng, taruh di atas sambel, lalu dipecak (ditekan/ dipenyet) menggunakan ulegan/ muntu. Pecak Ikan Asap pun siap disantap bersama lalapan. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba yaa :)

Kuah pecak yang ini lebih encer, berkuah dan terasa mirip-mirip seperti gulai ikan karena kandungan rempah seperti serai, daun jeruk dan jahe. Satu lagi kuliner khas Betawi yang menggunakan bahan dasar ikan: pecak. Jangan sampai tertukar dengan pecel asal Jawa Timur ya, karena cara penyajian kedua hidangan ini cukup berbeda. Pecak ikan adalah sajian ikan yang disiram sambal pecak. Ada dua jenis sambal pecak nih, yakni sambal pecak yang pakai kacang dan tidak pakai kacang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan 189 Pecak Ikan Asap Khas Pantura yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved