Langkah Mudah untuk Membuat 69. Cuko Pempek Palembang Anti Gagal

Katharine Scott   20/09/2020 05:13

69. Cuko Pempek Palembang
69. Cuko Pempek Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep 69. cuko pempek palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 69. cuko pempek palembang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 69. cuko pempek palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan 69. cuko pempek palembang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Saya tidak terlalu suka cuko yang encer. Jadi menurut saya, resep cuko yang ini cucok banget. Untuk penyajian pempek Palembang komplit, maka anda bisa menambahkan mie kuning / bihun serta irisan timun ke dalamnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat 69. cuko pempek palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 69. Cuko Pempek Palembang menggunakan 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan 69. Cuko Pempek Palembang:
  1. Siapkan 500 gram gula merah / gula aren
  2. Gunakan 500 ml air bersih
  3. Ambil 1 sdm ebi (udang kering), sangrai dan haluskan
  4. Ambil 1 sdt gula pasir
  5. Ambil 1/2 sdt garam
  6. Sediakan 3 sdm asam jawa (tergantung asam jawa nya ya)
  7. Ambil 👩‍🍳 Bumbu dihaluskan :
  8. Siapkan 10 siung bawang putih
  9. Siapkan 30 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  10. Gunakan 3 buah cabai merah keriting (optional)

Namun bisa jadi Anda masih kurang puas karena masih encer dan kurang nampol di lidah. Cara makan pempek Palembang beragam, kalau saya lebih menyukai cara menuangkan cuko pempek ke dalam wadah lalu pempek tinggal dicelupkan ke dalam sambil dihirup cuko. Cuko pempek memang pandanan makan yang tepat. Soalnya kuah cuko ini bukan cuma pas untuk pempek, sebagai teman makan gorengan, kerupuk dan lainnya.

Cara membuat 69. Cuko Pempek Palembang:
  1. Dalam panci : tuang air, masukkan gula merah. Masak sampai gula larut. Lalu saring.
  2. Setelah disaring, masak kembali dengan memasukkan bumbu yang sudah dihaluskan, ebi halus, gula pasir, garam dan asam jawa. Koreksi rasa.
  3. Didihkan dengan api kecil. Masak hingga volume air cuko berkurang (hingga kekentalan yang diinginkan).
  4. Saring cuko dan pindahkan ke wadah lain. Bisa di stok simpan di lemari es / kulkas.

Pempek Palembang ini umumnya disajikan dengan cuko yang berwarna coklat dari bahan-bahan yakni cuka, asam jawa, gula merah, cabai merah tumbuk dan garam. Untuk pelengkapnya ada juga yang menambahkan dengan mi dan irisan mentimun. "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 69. Cuko Pempek Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved