Bagaimana Menyiapkan Empek Empek, Enak

Henry Nunez   26/06/2020 08:51

Empek Empek
Empek Empek

Lagi mencari ide resep empek empek yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal empek empek yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empek empek, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan empek empek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan empek empek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Empek Empek menggunakan 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Empek Empek:
  1. Siapkan 250 gr ikan tengiri giling
  2. Gunakan 2 butir telur
  3. Ambil 7 siung bawang putih haluskan
  4. Ambil 1 gelas tepung terigu
  5. Ambil 2 gelas tepung kanji
  6. Gunakan 1 gelas air matang
  7. Siapkan 1 sdt garam
  8. Ambil 1 sdt merica bubuk
  9. Gunakan Bahan cuko:
  10. Sediakan 7 buah cabe keriting
  11. Gunakan 200 grm gula merah
  12. Sediakan 1 sdt garam
  13. Ambil 4 siung bawang putih
  14. Siapkan 2 gelas air matang

Kota yang dahulunya dikenal sebagai Swarnabhumi yang juga berarti bumi emas ini terkenal memiliki makanan khas yang enak dan lezat. Resep Empek Empek Ikan Tenggiri yang enak - Sajian kuliner nusantara yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun dunia, siapa lagi kalau bukan pempek ikan tenggiri. Empek-empek asli dari Pelembang ini yang menggunakan campuran daging ikan tenggiri sungguh sangat enak, karena rasa dari ikan tenggiri ini cocok sekali jika kita campurkan kedalam adonan pempek. Pempek Pistel atau Pastel atau pempek Kates.

Langkah-langkah menyiapkan Empek Empek:
  1. Campur tepung terigu+garam+bawang putih halus+air dalam panci aduk sampai larut
  2. Panaskan larutan no 1 di api kecil sampai mendidih,aduk terus sampai kalis menggumpal
  3. Blender ikan dan telur kemudian dalam wadah lain campur dg tepung kanji dan adonan yg sudah di tim tadi,uleni hingga kalis rata
  4. Bentuk sesuai selera
  5. Rebus di air mendidih dang jika sudah mengapung angkat tiriskan
  6. Adonan untuk cuko campur semua blender hingga halus.dan masak hingga mendidih,kemudian saring

Pempek pistel ini juga dibuat dari adonan lenjer, dan berbentuk seperti telor kecil. Bedanya adalah pada penutup bagian atas, pempek pistel ditutup dengan motif seperti, yah. pistel :). Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan empek empek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved