Langkah Mudah untuk Membuat Pempek Ikan Khas Palembang (19) yang Bikin Ngiler

Fred Hicks   17/08/2020 16:55

Pempek Ikan Khas Palembang (19)
Pempek Ikan Khas Palembang (19)

Lagi mencari inspirasi resep pempek ikan khas palembang (19) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ikan khas palembang (19) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Kalo lagi di Palembang dan dibikinin Ibuk pempek biasanya pake ikan tenggiri. Tapi karna lagi di jawa dan susah dapetin ikan tenggiri, akhirnya ku pakai ikan patin aja. Tapi tetep enak kok 😁 SuaraSumsel.id - Kota Palembang, Sumatera Selatan memiliki banyak daya tarik.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek ikan khas palembang (19), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pempek ikan khas palembang (19) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek ikan khas palembang (19) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Ikan Khas Palembang (19) menggunakan 17 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pempek Ikan Khas Palembang (19):
  1. Sediakan Bahan adonan:
  2. Sediakan 1/2 kg ikan patin (dihaluskan)
  3. Ambil 300 gram tepung tapioka
  4. Gunakan secukupnya Air es
  5. Siapkan 3 siung bawang putih
  6. Siapkan secukupnya Merica
  7. Siapkan secukupnya Garam
  8. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  9. Gunakan Bahan Cuko:
  10. Ambil 200 gram gula merah
  11. Sediakan secukupnya Asam jawa
  12. Ambil 1000 cc air
  13. Gunakan Bawang puith
  14. Sediakan Cabe rawit
  15. Gunakan Cabe merah keriting
  16. Gunakan secukupnya Garam
  17. Siapkan secukupnya Penyedap rasa

Olahan ini rasanya sangat dekat dengan orang Indonesia dan semua pasti bisa membuatnya karena bahan bakunya yang mudah ditemui dan cara membuatnya yang mudah. Bicara soal makanan atau kuliner, tentunya setiap daerah pasti mempunyai kuliner khas masing-masing. Yang dimaksud dengan makanan khas adalah makanan yang jadi ciri dari suatu daerah. Mendengar kata Pempek atau empek-empek pikiran akan otomatis angat pada kota Palembang.

Cara menyiapkan Pempek Ikan Khas Palembang (19):
  1. Siapkan semua bahan.
  2. Haluskan bumbu adonan.
  3. Campurkan ikan, tepung tapioka, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan memanjang, letakkan dinampan yang sudah diberi taburan tepung. Kemudian rebus sekitar 40-50 menit agar pempek benar benar matang.
  5. Sambil nunggu pempek matang sempurna. Buat cukonya dulu.
  6. Haluskan bumbu.
  7. Kupas asam jawa, beri 2 sendok sayur air rebusan pempek yg mendidih.
  8. Iris gula merah
  9. Panaskan 1000cc air. Masukkan semua bahan cuko yang sudah disiapkan. Tunggu sampai mendidih dan air berkurang menjadi sekitar 700cc. Koreksi rasa. Jika sudah saring cuko.
  10. Goreng pempek pada minyak panas. Kemudian sajikan dengan mentimun, bisa juga ditambahkan bihun sebagai pelengkap. Kemudian siram dengan cuko.
  11. Selamat mencoba 😍😍

Pempek Palembang memang adalah makanan khas Palembang. Kuliner ini terbuat dari ikan giling an tepung kanji. Serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Image via: vokasi.co.id Pempek Palembang adalah salah satu bukti nyata akan kesuksesan makanan tradisional daerah yang berhasil diangkat menjadi makanan nasional. Pempek Palembang sebagai bisnis kuliner khas daerah Sumatera Selatan ini, sekarang tidak hanya populer di Palembang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek ikan khas palembang (19) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved