Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cuko Empek-empek Anti Gagal

Minerva Cruz   20/07/2020 09:18

Cuko Empek-empek
Cuko Empek-empek

Lagi mencari inspirasi resep cuko empek-empek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko empek-empek yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cukonya bener-bener enak, nggak kalah sama cuko yang jualan empek-empek 😊 Sumber : Thia's Dish Rence. Belajar bikin mpek mpek musti belajar bikin cukonya juga kan 😁😁😁😁 komposisi ini udah pas dilidahku.teman-teman bisa koreksi misal dirasa kurang pedas atau kurang asam. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko, or just "cuko".

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko empek-empek, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan cuko empek-empek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cuko empek-empek yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cuko Empek-empek menggunakan 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cuko Empek-empek:
  1. Ambil 2,5 ons gula merah
  2. Ambil 1 sdm asam jawa
  3. Ambil 1,5 sdm garam
  4. Ambil 3 cabe keriting
  5. Gunakan 500 ml air
  6. Sediakan 2 siung bawang putih

Cuko juga menentukan enak tidaknya ketika makan pempek. Jika pempek enak tetapi cuko-nya kurang sedap, maka makan pempek tersebut akan menjadi tidak enak. Maka itu makan pempek haruslah dengan cuko yang enak. Baca: Mengharukan, Curhatan Bocah Ini Sebelum Meninggal, Jadi Pukulan Telak Bagi Orangtua, Bikin Nangis.

Cara menyiapkan Cuko Empek-empek:
  1. Godog gula Jawa dalam air yg mendidih.
  2. Blender bawang putih dan cabe sampai halus. Lalu masukkan dalam gula yg mendidih bersama asam Jawa.
  3. Aduk sampai merata dan mendidih Sempurna, lalu tambahkan garam. Jika sudah matang matikan api.
  4. Cuko siap dihidangkan dengan Empek-empek.

Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Siapa yang tidak mengenal pempek yang khas teraso iwaknyo (ikan). Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuko Empek-empek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved