Bagaimana Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Anti Gagal

Ralph Black   17/07/2020 10:24

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari ide resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cilok Bumbu Kacang memakai 23 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Siapkan Bahan Cilok:
  2. Sediakan 170 gr terigu segitiga
  3. Ambil 80 gr tepung kanji/sagu tani
  4. Ambil 3 siung bawang putih, haluskan
  5. Siapkan 1/2 sdt garam
  6. Ambil 1/2 sdt royco/masako
  7. Gunakan 1/4 sdt lada bubuk
  8. Siapkan 2 tangkai daun bawang, iris halus
  9. Gunakan 200 ml air panas
  10. Siapkan Bahan Bumbu Kacang:
  11. Ambil 100 gr kacang tanah, goreng
  12. Gunakan 1 siung bawang putih, goreng
  13. Gunakan 4 siung bawang merah, goreng
  14. Siapkan 6 cabe keriting, goreng
  15. Sediakan 2 cabe rawit, goreng
  16. Sediakan 200 ml air
  17. Gunakan Bumbu2:
  18. Sediakan 2 sdm kecap manis
  19. Ambil 30 gr gula jawa
  20. Ambil 1/2 sdt gula pasir
  21. Sediakan 1/4 sdt royco/masako
  22. Siapkan 1/4 sdt garam
  23. Sediakan 1 buah jeruk limo, peras ambil airnya

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Pembuatan CILOK: semua bahan diaduk rata jadi satu, kecuali air panas.
  2. Panaskan sedikit minyak, masukkan adonan kacang yg sdh diblender, aduk2, beri 200ml air, didihkan, masukkan semua bumbu2, test rasa, didihkan lagi, jika sudah pas, angkat. Beri perasan jeruk limo, aduk
  3. Masukkan air panas sedikit2 kedalam campuran diatas menggunakan sendok lebar (sendok kayu or sendok nasi), jika sudah kalis, di stop saja airnya.
  4. Kalau sudah, uleni asal saja pake tangan (jangan ulen kuat2 krn adonan bisa keras)
  5. Bentuk bulatan2 sesuai selera. Jika adonan terasa lengket, maka sebelum dibentuk ciloknya, berikan sedikit minyak sayur ditelapak tangan.
  6. Didihkan air panas, beri sesendok minyak kedalam air. Masukkan bulatan2 cilok hingga mengapung dan matang, angkat dan tiriskan.
  7. Pembuatan BUMBU KACANG: Semua bahan bumbu kacang diatas (kecuali air) digoreng dengan sedikit minyak sampai agak kecoklatan, kemudian haluskan/blender menjadi satu adonan kacang yg menyatu
  8. Panaskan sedikit minyak, masukkan adonan kacang yg sdh diblender, aduk2, beri 200ml air, didihkan.
  9. Masukkan semua bumbu2nya, test rasa, didihkan lagi, jika sudah pas, angkat. Beri perasan jeruk limo, aduk rata
  10. Sajikan cilok dengan bumbu kacangnya

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved