Cara Gampang Membuat Cilok bumbu kacang, Bisa Manjain Lidah

John Page   21/11/2020 01:36

Cilok bumbu kacang
Cilok bumbu kacang

Sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok bumbu kacang memakai 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok bumbu kacang:
  1. Sediakan Bahan cilok
  2. Gunakan 250 gr sagu / tapioka
  3. Sediakan 200 gr terigu
  4. Siapkan Garam
  5. Gunakan Penyedap (optional)
  6. Sediakan Air mendidih secukupnya sampai adonan bisa dibentuk
  7. Gunakan Daun bawang iris tipis
  8. Ambil Bumbu kacang :
  9. Sediakan 250 gr kacang tanah goreng
  10. Ambil secukupnya Cabe rawit
  11. Ambil 5 butir Bawang putih
  12. Gunakan Garam
  13. Sediakan Penyedap (optional)
  14. Gunakan Kecap manis
  15. Ambil Gula pasir
  16. Siapkan Air

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok bumbu kacang:
  1. Campurkan semua bahan cilok, aduk2, lalu masukkan air mendidih perlahan sambil diaduk pakai sendok kayu (ga ada juga gpp pake apa aja) sampai adonan bisa diaduk, jangan kebanyakan air nanti lengket dan ga bisa di cetak, kalo lengket tambahin sagu aja,lalu bulat2kan
  2. Rebus cilok sampai mengapung diatas
  3. Untuk bumbu nya, blender kacang tanah goreng, cabe dan bawang putih, lalu tambahkan air dan masak di api sedang
  4. Tambahkan kecap, garam, gula dan penyedap, lalu aduk2 sampai agak mengental, lalu masukkan cilok nya, sajikan hangat2

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok bumbu kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved