Resep Cilok Bumbu Kacang Anti Gagal

Ray Owen   18/11/2020 22:03

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Sediakan Bahan cilok :
  2. Ambil 150 gr Tepung Maizena
  3. Gunakan 50 gr Tepung Terigu
  4. Ambil Daun bawang
  5. Siapkan 2 bawang putih
  6. Ambil 2 bawang merah
  7. Gunakan Royco rasa ayam
  8. Siapkan Garam
  9. Ambil Lada halus
  10. Gunakan secukupnya Air
  11. Ambil Bahan bumbu kacang :
  12. Gunakan Kacang tanah (sudah digoreng)
  13. Ambil 2 bawang putih
  14. Gunakan 2 bawang merah
  15. Siapkan 4 cabe merah
  16. Ambil 2 sdm gula jawa
  17. Sediakan Kecap manis
  18. Siapkan Garam
  19. Ambil Royco rasa ayam
  20. Siapkan Minyak goreng
  21. Gunakan secukupnya Air
  22. Siapkan Saos sambal (bisa diskip)

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuat Cilok Bumbu Kacang:
  1. Olahan cilok: haluskan bawang merah, bawang putih, garam, royco, lada, dan cincang halus daun bawang
  2. Masukkan kedalam wadah olahan tadi lalu masukkan tepung maizena, tepung terigu, dan air secukupnya, aduk hingga kalis
  3. Bentuk bulat2 adonan cilok tadi, kukus hingga matang
  4. Bumbu kacang : blender semua bahan bumbu kacang sampai halus, lalu panaskan minyak goreng dan goreng bumbu kacang tadi hingga matang sempurna
  5. Sajikan cilok dengan ditaburi bumbu kacang dan saos sambal

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cilok Bumbu Kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved