Resep Cilok bumbu kacang Anti Gagal

Glenn Richardson   24/09/2020 10:07

Cilok bumbu kacang
Cilok bumbu kacang

Anda sedang mencari ide resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cilok bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok bumbu kacang memakai 22 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cilok bumbu kacang:
  1. Sediakan bahan cilok
  2. Siapkan 20 sdm tepung terigu
  3. Gunakan 20 sdm tepung tapioka/sagu
  4. Sediakan 5 siung bawang putih
  5. Siapkan 2 batang daun bawang
  6. Siapkan 1 sdt garam
  7. Gunakan 1 sdt penyedap
  8. Sediakan Secukupnya air panas
  9. Sediakan Secukupnya ayam cincang (optional, bisa diganti daging)
  10. Sediakan bahan bumbu kacang
  11. Siapkan Secukupnya kacang tanah (sesuaikan selera)
  12. Siapkan 5 siung bawang putih
  13. Ambil 5 siung bawang merah
  14. Gunakan 1 ruas jari kencur
  15. Sediakan Secukupnya kecap manis
  16. Siapkan Secukupnya garam
  17. Gunakan Secukupnya penyedap
  18. Ambil Secukupnya gula merah
  19. Ambil additional
  20. Gunakan Secukupnya kecap manis
  21. Sediakan Secukupnya saos sambal
  22. Ambil Secukupnya bon cabai

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuat Cilok bumbu kacang:
  1. Untuk membuat adonan cilok, campurkan semua bahan menjadi satu (kecuali isi cilok). Kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk. Air jangan terlalu banyak agar adonan kalis (tidak menempel di tangan dan wadah). Jika tekstur belum kalis tambahkan terigu. Jika adonan kurang kenyal, tambahkan sagu.
  2. Bentuk cilok bulat-bulat sambil dimasukan isiannya. Kemudian rebus cilok yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Angkat cilok ketika sudah mengambang dan tidak melekat di panci. Tiriskan.
  3. Untuk membuat bumbu kacang, goreng dulu kacang, bawang merah, bawang putih, dan kencur. Kemudian blender sampai halus atau sesuai tekstur yg diinginkan. Setelah halus, goreng lagi bumbu kacang sambil tambahkan gula merah, garam, kecap manis dan penyedap. Koreksi rasa.
  4. Sajikan cilok dalam taburan bumbu kacang, kecap, saos, bon cabai.

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved