Resep Cilok Bumbu Kacang, Bikin Ngiler

Adelaide Stanley   09/08/2020 10:51

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 16 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Gunakan Cilok
  2. Sediakan 200 gram Tepung Tapioka
  3. Sediakan 150 gram Tepung Terigu
  4. Sediakan 2 Siung Bawang Putih
  5. Siapkan 2 Daun Bawang
  6. Gunakan 1 1/2 sdm Garam
  7. Ambil 1 1/2 sdm Merica
  8. Gunakan 1 1/2 sdm Kaldu Bubuk
  9. Ambil 200 ml Air Panas
  10. Siapkan Bumbu Kacang
  11. Ambil Secukupnya Kacang Tanah
  12. Siapkan 4 buah Cabe Rawit
  13. Ambil 2 Siung Bawang Putih
  14. Sediakan 1 1/2 sdm Garam
  15. Siapkan 1 sdm Gula
  16. Gunakan Secukupnya Kecap Manis

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Pertama, bikin adonan cilok terlebih dahulu. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu dan bawang putih yang sudah dihaluskan, merica, garam dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Masukkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk dan sudah rata
  2. Bentuk adonan secara bulat-bulat atau sesuai selera. Lalu rebus dengan api sedang. Jika sudah mengapung, angkat dan sisihkan
  3. Untuk bumbu kacang, goreng kacang tanah hingga kecoklatan. Dan jika kacang sudah mau matang, masukkan bawang putih dan cabe. Angkat dan sisihkan.
  4. Blender/Ulek kacang yang sudah digoreng beserta dengan bawang putih dan cabe. Jika sudah halus, goreng dan tambahkan gula, garam dan kecap sesuai selera. Lalu angkat dan sisihkan.
  5. Campur cilok dengan bumbu kacang secukupnya. Makanan siap dihidangkan. Selamat mencoba!

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved