Resep Cilok Bumbu Kacang yang Lezat Sekali

Trevor Simpson   24/11/2020 06:31

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Bumbu Kacang menggunakan 16 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Ambil Adonan cilok:
  2. Gunakan tepung tapioka
  3. Siapkan tepung terigu
  4. Ambil daun bawang +seledri
  5. Sediakan royko
  6. Siapkan air
  7. Siapkan Bumbu Kacang:
  8. Ambil kacang tanah, goreng
  9. Gunakan cabe rawit /sesuai selera
  10. Gunakan bwg putih
  11. Gunakan bwg merah, iris tipis
  12. Ambil daun bawang, iris 1cm
  13. Siapkan kecap manis
  14. Gunakan royko
  15. Sediakan garam dan penyedap
  16. Ambil minyak goreng

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Campur jadi satu adonan cilok, beri air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk. Bulat bulatkan adonan hingga habis.
  2. Rebus air hingga mendidih.. masukan cilok, tunggu hingga mengapung. Jika sudah mengapung tanda cilok matang. angkat tiriskan.
  3. Goreng kacang tanah terlebih dahulu sampai matang, sisihkan. Kemudian goreng cabe rawit, bwg putih sampai matang, ulek bersama kacang tanah goreng, ulek kasar.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga wangi, masukan potongan daun bawang, masak hingga daun layu.
  5. Terakhir masukan bumbu kacang, royko, garam, dan penyedap, aduk rata. Masukan cilok yg sudah direbus, aduk hingga tercampur rata dgn bumbu. Koreksi rasa
  6. Jika sudah pas, matikan api, dan siap dinikmati 😋🍽️👌

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved