Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cilok Telur bumbu kacang Anti Gagal

Ethel Ball   21/06/2020 08:38

Cilok Telur bumbu kacang
Cilok Telur bumbu kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok telur bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok telur bumbu kacang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok telur bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok telur bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Angkat - Kocok telur, gulingkan cilok yang sudah dibentuk bulat dikocokan telur - Goreng cilok hingga baluran telurnya berubah menjadi kecokelatan - Tuang bumbu kacang instant di atasnya. Resep cara membuat cilok aci bumbu kacang merupakan jajanan terkenal khas bandung. Rasa kenyal aci dan gurihnya bumbu kacang, membuatnya […] Kocok lepas telur hingga bumbu tercampur rata.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok telur bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok Telur bumbu kacang menggunakan 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cilok Telur bumbu kacang:
  1. Sediakan 200 gr tepung tapioka
  2. Siapkan 200 gr tepung terigu
  3. Ambil 2 butir telur (rebus, iris kecil, sisihkan)
  4. Sediakan 550 ml air hangat
  5. Gunakan Secukupnya daun bawang
  6. Sediakan Garam, lada bubuk, kaldu jamur
  7. Siapkan Bahan bumbu kacang
  8. Ambil 1 bungkus bumbu pecel siap pakai
  9. Gunakan Secukupnya kecap manis
  10. Gunakan 1 sdm tepung maizena
  11. Sediakan Secukupnya air

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh. Cara membuat cilok cukup mudah sehingga banyak orang yang mengkreasikan panganan tersebut dengan bahan-bahan lain seperti telur, bumbu kacang, kuah, sosis, keju, dan masih banyak lagi. Cara pengolahannya pun semakin beraneka ragam. Bahan-bahan Haluskan gula, kacang dan cabai rawit, untuk bumbu rujak.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Telur bumbu kacang:
  1. Masukkan tepung terigu dan tapioka kedalam wadah kemudian tambahkan garam, lada, kaldu dan irisan daun bawang.
  2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai membentuk adonan (adonan bisa dipulung)
  3. Ambil sedikit adonan kemudian isi dengan irisan telur dan bulatkan.
  4. Rebus air sampai mendidih beri sedikit minyak. Kemudian masukkan adonan cilok. Tunggu hingga adonan mengapung lalu angkat dan tiriskan.
  5. Masak sambal pecel dengan air secukupnya, tambahkan kecap manis dan tepung maizena.
  6. Masukkan cilok dan biarkan bumbu kacang agak mengental.
  7. Cilok telur bumbu kacang siap dinikmati.

Cilok dan Bumbu siap, selamat menikmati! Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Setelah cilok selesai dibuat, goreng dengan minyak. Anda bisa mengkreasikannya dengan memasukan cilok ke dalam telur sebelum digoreng. Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok telur bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved