Cara Gampang Menyiapkan Semur Tahu kentang telor ceker Anti Gagal

Helen Banks   24/11/2020 14:41

Semur Tahu kentang telor ceker
Semur Tahu kentang telor ceker

Lagi mencari ide resep semur tahu kentang telor ceker yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur tahu kentang telor ceker yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur tahu kentang telor ceker, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur tahu kentang telor ceker enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Jdi bisa buat makan abinya juga. #cookpadcommunity_bekasi #hannahani_cookies Semur Ceker Telur Tahu Kentang. Hehehe Kalau anakku sih doyan banget sama cekernya. #AhlinyaAyam #SiapRamadan nofitaa. Semur Ceker plus Tahu. #AhlinyaAyam Ceker salah satu makanan kesukaan saya, biasanya saya masak ceker di sop.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan semur tahu kentang telor ceker sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Semur Tahu kentang telor ceker menggunakan 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Semur Tahu kentang telor ceker:
  1. Sediakan bahan utama :
  2. Gunakan tahu putih
  3. Ambil telor (rebus, kupas kulitnya)
  4. Sediakan kentang
  5. Sediakan ceker
  6. Sediakan bumbu dihaluskan :
  7. Gunakan 6 siung bawang merah
  8. Gunakan 4 siung bawang putih
  9. Gunakan 3/4 biji kemiri
  10. Gunakan bumbu pelengkap :
  11. Gunakan 2 lembar salam
  12. Gunakan 1 sereh
  13. Siapkan jahe 1 ruas (geprek)
  14. Siapkan lengkoas 1 ruas (geprek)
  15. Sediakan santan kara 1 (yg segitiga bungkusnya)
  16. Gunakan garam
  17. Sediakan gula
  18. Siapkan royko ayam
  19. Gunakan merica bubuk
  20. Ambil cabai merah besar 3 (potong serong)
  21. Gunakan daun bawang iris2
  22. Ambil kecap
  23. Ambil minyak untuk menumis

Biasanya, bahan utama yang digunakan adalah daging sapi. Namun, semur juga cocok diolah menjadi menu lain seperti semur telur. Meski merupakan makanan khas Nusantara, semur terpengaruh dari Belanda. Tuang semur telur ke dalam wadah saji, taburkan bawang goreng untuk penyedap.

Langkah-langkah menyiapkan Semur Tahu kentang telor ceker:
  1. Rebus ceker sampai lumayan empuk (air kaldunya jgn dibuang krna buat campuran kuah semur), goreng tahu putih sampai garing, goreng kentang (kalo ak digoreng dulu,sesuai selera aja),rebus telor
  2. Setelah ceker,telor,tahu dan kentang ready siapkan bahan2 bumbu halus dan bumbu pelengkapnya…
  3. Tumis bumbu halus, skalian masukan jahe,sereh,lengkoas,daun salam dan tunggu sampai harum..
  4. Stelah harum masukan air kaldu ceker td (kalo kurang bs tambahkan air biasa) trus tambahkan santan kara dan kecap secukupnya tunggu sampai mendidih lalu masukan ceker biarkan meresap dan sampai ceker bnr2 empuk…
  5. Masukan garam, merica bubuk,gula,royko (koreksi rasa), lalu masukan kentang,telor,tahu…
  6. Stelah Masukan cabe merah besar dana daun bawang…..jadi dehhh semur simple tapi bs bikin nambah terus…selamat mencoba 😋😋

Semur telur juga di kenal di kawasan Palembang. Berbeda dengan semur Betawi, semur dari daerah ini memiliki cita rasa yang cenderung asam dan pedas. Di daerah aslinya, semur ini disebut dengan Malbi dan lebih sering memiliki isian daging. Mengingat harga daging sapi yang mahal, kita dapat memasak semur dari bahan-bahan yang lebih murah seperti daging ayam, tahu, kentang, jengkol dan lain sebagainya. Semur sendiri merupakan akulturasi budaya timur dan barat, sebagai modifikasi dari Smoor yang merupakan sup ala Belanda yang dibawa ke Tanah Air.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Semur Tahu kentang telor ceker yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved