Cara Gampang Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Anti Gagal

Fred Chapman   19/09/2020 15:34

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari ide resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cilok Bumbu Kacang memakai 17 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Siapkan Tepung kanji/aci/tapioka
  2. Ambil Tepung terigu
  3. Sediakan Telur ayam
  4. Ambil Bawang putih, haluskan
  5. Ambil Daun bawang, rajang halus
  6. Siapkan Kaldu ayam bubuk
  7. Gunakan Garam, boleh ditambah kalo kurang asin
  8. Gunakan Air
  9. Sediakan Bahan Saus Kacang
  10. Ambil Kacang tanah, goreng
  11. Gunakan Bawang putih, goreng
  12. Ambil Cabai rawit merah, goreng
  13. Ambil Cabai merah keriting, goreng
  14. Gunakan Kemiri, sangrai
  15. Ambil Garam
  16. Sediakan Gula merah iris, boleh ditambah kalau suka manis
  17. Sediakan Air

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Cilok: Panaskan air, bawang putih halus, garam dan kaldu ayam, aduk, setelah mendidih matikan.
  2. Masukan tepung terigu ke dalam air rebusan, aduk-aduk hingga mengental. Biarkan sampai adonan hangat.
  3. Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan biang terigu bersama bawang daun, campur hingga rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit tepung kanji, uleni sampai adonan kalis.
  5. Ambil adonan sedikit, bentuk bulat Lakukan sampai adonan habis. Adonan bisa diberi isian sesuai selera seperti gajih/lemak sapi atau ayam, sosis, keju, dan sebagainya.
  6. Rebus adonan yg sudah dibentuk dalam air mendidih hinga mengapung/terangkat, tiriskan
  7. Setelah ditiriskan saya kukus kembali, tidak juga tidak apa-apa
  8. Bumbu kacang: Haluskan kacang tanah, bawang putih, cabe yang sudah digoreng, dan kemiri, aduk bersama air, masak hingga mengental
  9. Tambahkan garam dan gula merah iris secukupnya. Aduk kembali hingga bumbu tercampur.
  10. Cilok siap dihidangkan dengan cara disiram saus atau langsung dicampur dan diaduk dengan bumbunya. Boleh ditambah kecap manis jika suka. *enak disantap selagi hangat, tapi pas sudah dingin pun In syaa Allah cilok tidak akan menjadi keras dan alot.

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved