Langkah Mudah untuk Membuat Cilok Bumbu Kacang, Enak

Joseph Beck   23/09/2020 07:09

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok Bumbu Kacang memakai 20 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Gunakan tepung terigu
  2. Gunakan tepung kanji/tapioka
  3. Siapkan daging ayam rebus yang dicincang
  4. Siapkan merica bubuk
  5. Gunakan garam
  6. Ambil daun bawang, diiris halus
  7. Gunakan air kaldu dari rebusan daging ayam
  8. Gunakan bawang putih halus
  9. Sediakan air untuk merebus
  10. Sediakan minyak goreng
  11. Siapkan Bumbu Kacang:
  12. Sediakan bumbu gado-gado instan
  13. Gunakan bawang putih halus
  14. Sediakan gula merah
  15. Gunakan saos sambal
  16. Ambil minyak goreng
  17. Ambil air
  18. Siapkan Pelengkap:
  19. Gunakan kecap manis
  20. Sediakan jeruk limo

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Campur tepung terigu dan daging ayam. Sisihkan.
  2. Rebus air kaldu beserta bawang putih, daun bawang, garam dan merica hingga mendidih.
  3. Tuang air kaldu ke dalam campuran tepung terigu. Aduk rata. Masukkan tepung tapioka. Uleni hingga rata.
  4. Masak air bersama minyak goreng. Ambil sedikit adonan tepung sesuai selera. Bulatkan dan masukkan ke dalam air mendidih. Masak hingga terapung. Angkat.
  5. Bumbu Kacang: Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu gado-gado instan. Aduk rata. Tambahkan gula merah, saos sambal dan air. Masak hingga mengental.
  6. Sajikan cilok beserta bumbu kacang dan pelengkap.

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cilok bumbu kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved