Resep Roti Sobek Anti Gagal

Mildred Mathis   17/06/2020 17:05

Roti Sobek
Roti Sobek

Lagi mencari ide resep roti sobek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Rotinya lembutttt dan aku kasih isian coklat, kalo. Pastikan tutup panci kamu bungkus dengan kain, supaya uap airnya tidak menetes. Apabila sudah matang, matikan kompor dan keluarkan roti sobek.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti sobek, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan roti sobek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah roti sobek yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Roti Sobek memakai 10 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Roti Sobek:
  1. Siapkan 350 gr tepung terigu (pro tinggi)
  2. Gunakan 1 btr telur
  3. Siapkan 50 gr gula pasir
  4. Siapkan 5 gr instant yeast
  5. Siapkan 1 sdm mentega
  6. Siapkan 15 gr susu bubuk
  7. Siapkan 150 ml air
  8. Siapkan 1/2 sdt garam
  9. Gunakan Chocolate filling / keju / butter (sck)
  10. Gunakan Mentega cair (sck untuk olesan)

Modal nekat yang dimiliki oleh Alfi ternyata membuahkan hasil. Usaha roti sobek ini sudah membuahkan sejumlah keuntungan. Baca juga: Resep Roti Sobek Lembut Warna-warni, Pakai Ragi Alami Sourdough "Kalau usaha harus mau pusing, harus mau repot. Membawa oven kan repot, nah itu harus dijalankan kalau mau bertahan.

Langkah-langkah membuat Roti Sobek:
  1. Siapkan bahan
  2. Campur semua bahan kering, kecuali garam. Aduk rata
  3. Masukkan telur dan tambahkan air, uleni sebentar hingga adonan menyatu. Tambahkan garam dan mentega, uleni hingga kalis ± 13 - 15 menit
  4. Bulatkan adonan. Diamkan selama 1 jam sampai mengembang
  5. Bagi adonan menjadi 16 bagian.
  6. Beri filling sesuai selera (disini saya pake Chocolate filling)
  7. Bulatkan lagi, pastikan filling tidak akan keluar. Letakkan pada loyang yang sudah dioles mentega tipis. Beri jarak sedikit. Diamkan ± 30 menit. Oles permukaan roti dengan mentega cair
  8. Panaskan oven. Disini saya menggunakan oven tangkring, dipanaskan ± 5 menit dengan api kecil. Panggan roti ± 15 menit atau tergantung oven masing masing. Setelah matang, oles kembali permukaan roti dengan mentega cair. Siap dihidangkan

Roti sobek adalah jenis roti lembut dan lezat, yang cocok dijadikan cemilan santai. Roti Sobek tergolong roti praktis dan mudah dibuat dengan bahan yang sederhana. Roti sobek sangat cocok untuk digunakjan sebagai bekal anak ke sekolah, bekal piknik dan bisa juga dijadikan untuk persediaan di rumah karena roti sobet awet tidak cepat basi. Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek. Roti ini tergolong praktis karena sering digunakan untuk mengganjal perut saat lapar melanda dan karena roti ini tidak mudah basi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Roti Sobek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved