Resep Cilok bumbu kacang, Lezat

Donald Davidson   12/07/2020 21:47

Cilok bumbu kacang
Cilok bumbu kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok bumbu kacang menggunakan 18 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cilok bumbu kacang:
  1. Sediakan 10 sdm tepung terigu
  2. Gunakan 8 sdm tepung tapioka
  3. Sediakan 1 batang daun bawang
  4. Sediakan 2 batang seledri(sy ambil daunnya saja)
  5. Sediakan 3 siung bawang putih(haluskan)
  6. Gunakan 1/2 sdt garam
  7. Ambil Penyedap rasa bila suka (saya skip)
  8. Sediakan 150 ml air panas
  9. Gunakan Keju mozzarella sesuai selera (bs diskip)
  10. Siapkan Bumbu kacang :
  11. Ambil 10 cabe rawit
  12. Ambil 5 cabe merah
  13. Ambil 2 siung bawang merah
  14. Ambil 2 siung bawang putih
  15. Siapkan 2 genggam kacang tahan (saya sangrai)
  16. Siapkan 2 sdm minyak makan
  17. Ambil 2 sdm kecap manis
  18. Ambil 2 sdm saus cabe

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah membuat Cilok bumbu kacang:
  1. Campurkan tepung dan daun bawang yg sdh di iris, lalu beri bawang putih halus dan garam serta penyedap bila suka
  2. Siram dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula, aduk sampai kalis.
  3. Bentuk adonan cilok, beri isian keju, bulatkan adonan lalu rebus diair mendidih. (Beri minyak saat perebusan agar cilok tdk lengket satu sama lain)
  4. Bila adonan cilok udah mengambang saat direbus pertanda cilok sudah matang, angkat dan tiriskan
  5. Untuk bumbu kacang, haluskan semua bahan dengan blender, jgn terlalu halus…lalu panaskan minyak dan tumis bumbu kacang, beri garam dan kecap manis, saus cabe…koreksi rasa..

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved