Resep Cilok Bumbu Kacang Anti Gagal

Eddie Tate   17/07/2020 08:56

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Lagi mencari ide resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok Bumbu Kacang menggunakan 17 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Ambil terigu
  2. Ambil tapioka
  3. Siapkan air panas/air kaldu
  4. Ambil bawang putih bubuk / 3 siung bawang putih halus
  5. Ambil kaldu jamur/masako/royco
  6. Sediakan Daun bawang iris tipis (saya ga pakai, lagi habis)
  7. Siapkan Air mendidih yang diberi sedikit minyak untuk merebus
  8. Siapkan Bumbu kacang ::
  9. Ambil kacang tanah goreng
  10. Gunakan cabe merah keriting, haluskan
  11. Gunakan cabe rawit merah, haluskan
  12. Gunakan bawang merah, haluskan
  13. Ambil bawang putih, haluskan
  14. Sediakan daun jeruk
  15. Gunakan Saus sambal
  16. Siapkan Gula garam
  17. Sediakan Kecap manis

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah membuat Cilok Bumbu Kacang:
  1. Siapkan terigu dalam wadah yang sudah diberi bumbu dan daun bawang. Lalu beri air panas. Aduk rata dengan centong kayu. Lalu tambahkan tapioka. Aduk rata.
  2. Siapkan air mendidih dalam panci, beri 1 sdm minyak. Bulatkan adonan sesuai selera. Lalu masukkan ke dalam air mendidih. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Angkat adonan yang sudah mengapung. Tiriskan.
  4. Bumbu Kacang : Haluskan kacang goreng dengan blender atau food processor.
  5. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lalu masukkan kacang yang sudah dihaluskan. Beri sedikit air jika terlalu kental.
  6. Masukkan garam, gula, kecap, dan saus sambal, cek rasa. Jika sudah pas, masukkan cilok yang sudah direbus. Aduk rata. Biarkan sesaat agar bumbu meresap.
  7. Sajikan ngebul-ngebul.. ciloknya empuk, ga alot, bumbu kacangnya pun enaakk.. Saya makanin ini aja terus pas buka puasa.. Dicoba yahh..

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved