Cara Gampang Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Anti Gagal

Hulda Wilkins   08/07/2020 12:54

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cilok Bumbu Kacang menggunakan 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Ambil 125 gr tepung tapioka
  2. Siapkan 125 gr tepung terigu
  3. Sediakan 200 ml air panas
  4. Sediakan Secukup nya garam, merica dan kaldu
  5. Gunakan 4 siung bawang putih haluskan
  6. Ambil 1 tangkai daun bawang iris halus
  7. Sediakan Bumbu kacang :
  8. Gunakan 150 gr kacang tanah, goreng
  9. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  10. Ambil 1 ruas kencur
  11. Gunakan 6 siung bawang putih goreng
  12. Sediakan 1 sdt air asam jawa
  13. Gunakan 30-50 gr gula jawa sesuai selera
  14. Gunakan Secukup nya kecap manis, garam dan saos sambel
  15. Gunakan Secukup nya tusukan sate

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuat Cilok Bumbu Kacang:
  1. Siap kan bahan2
  2. Siap kan wadah masukan bahan2 kecuali daun bawang lalu aduk sampai bisa di bentuk klo udah masukan daun bawang nya aduk lagi
  3. Lalu bulat kan adonan sesuai selera klo aq rada gede hehehe biar cepet kelar
  4. Didihkan air tambahkan minyak 1 sdm lalu masukan cilok klo sudah mengapung tanda nya matang angkat lalu tiriskan
  5. Sambil nunggu
  6. Goreng kacang tanah, cabe, daun jeruk, kencur dan bawang putih sampai matang. Lalu blnder semua nya klo udh masukan air asam jawa dan gula dan garam lalu koreksi rasa
  7. Klo udah tusuk cilok lalu cocol pake saus sambel dan bumbu kacang

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cilok Bumbu Kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved