Resep Cilok jadul (cilok bumbu kacang), Bisa Manjain Lidah

Seth Simon   13/10/2020 03:33

Cilok jadul (cilok bumbu kacang)
Cilok jadul (cilok bumbu kacang)

Anda sedang mencari ide resep cilok jadul (cilok bumbu kacang) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok jadul (cilok bumbu kacang) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok jadul (cilok bumbu kacang), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan cilok jadul (cilok bumbu kacang) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Cilok ini bukan makanan yang tahan lama, hanya seharian saja sudah bisa basi. Untuk itu sebaiknya kamu buat makanan ini secukupnya saja ya. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng secukupnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cilok jadul (cilok bumbu kacang) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok jadul (cilok bumbu kacang) menggunakan 15 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cilok jadul (cilok bumbu kacang):
  1. Sediakan 250 gr tepung tapioka
  2. Gunakan 200 gr tepung terigu
  3. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
  4. Gunakan 1/2 sdt garam
  5. Siapkan bumbu kacang :
  6. Siapkan 100 gr kacang kupas goreng
  7. Ambil 2 butir bawang putih goreng
  8. Siapkan 4 butir bawang merah goreng
  9. Siapkan 2 butir cabe rawit goreng
  10. Ambil 3 buah cabe merah goreng
  11. Sediakan 1 sdm cuka masak
  12. Ambil 2 sdm gula pasir
  13. Ambil 1/2 sdt garam
  14. Sediakan bubuk penyedap (bila perlu)
  15. Gunakan 2 sdm kecap manis

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Cilok sendiri sama dengan jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas dari mana asalnya.

Langkah-langkah membuat Cilok jadul (cilok bumbu kacang):
  1. Membuat cilok :masukan semua bahan cilok kedalam wadah lalu rebus segelas air sampai mendidih,masukan kedalam adonan lalu uleni sampai kalis, buat bulatan lalu rebus sampai mengapung, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu kacang, lalu masukan kedalam wajan,beri 1 gelas air lalu masukan, garam,gula,cuka,kecap manis aduk2 sampai mengental dgn api sedang.
  3. Matikan api, lalu masukan cilok kedalam bumbu kacang,aduk sampai rata.
  4. Sajikan.

Tetapi banyak yang mengatakan bahwa cilok berasal dari Bandung. Meskipun beragam, tetapi resep cilok bumbu kacang tidak jauh berbeda dengan cara membuat bumbu sampai cara membuat fillet yang enak. Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok jadul (cilok bumbu kacang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved