Cara Gampang Membuat Dendeng Balado Anti Gagal

Isaiah Goodman   28/10/2020 11:35

Dendeng Balado
Dendeng Balado

Anda sedang mencari ide resep dendeng balado yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal dendeng balado yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Dendeng balado is a traditional Indonesian meat dish originating from Padang. The dish is made with a combination of thinly sliced beef that's fried until crispy and a spicy chili sambal. The sambal is usually served on top of the meat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari dendeng balado, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan dendeng balado enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah dendeng balado yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Dendeng Balado memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Dendeng Balado:
  1. Sediakan daging sapi, potong sesuai selera
  2. Siapkan Bahan untuk merebus daging sapi :
  3. Sediakan bawang merah giling
  4. Siapkan bawang putih giling
  5. Gunakan ketumbar bubuk
  6. Gunakan jahe, geprek
  7. Gunakan jeruk nipis, peras
  8. Gunakan daun jeruk
  9. Gunakan serai
  10. Sediakan Bahan bumbu halus (tumbuk):
  11. Sediakan bawang merah
  12. Ambil bawang putih
  13. Gunakan cabai merah (me; pakai cabe yang udah digiling, beli di pasar)
  14. Gunakan muncung garam
  15. Gunakan gula
  16. Sediakan kaldu ayam (optional)
  17. Sediakan air asam jawa
  18. Siapkan minyak untuk menumis
  19. Siapkan air

In Indonesia I can easily get it. This thinly sliced deep-fried beef from West Sumatra, Indonesia must come with "lado" or chilies that are ground. The word "balado" itself literally means "with chilies". Mum usually turns the heat up by grinding in the chili seeds separately before adding them back into the ground chilies and shallots.

Cara membuat Dendeng Balado:
  1. Iris daging sesuai selera.
  2. Masukkan semua bahan untuk merebus daging ke dalam wajan yang berisi air.
  3. Aduk rata, tunggu sampai daging lembut & air mengering.
  4. Tumis bumbu yang telah ditumbuk sampai wangi.
  5. Lalu masukkan daging yang telah disisihkan tadi + air, aduk rata.
  6. Masak hingga matang. Sajikan.

Dendeng balado merupakan olahan daging sapi khas Sumatera Barat yang memiliki rasa pedas gurih dan nikmat. Sajian ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu digoreng hingga kering dan disiram dengan sambal balado cabe merah di atasnya. Sambal balado merah yang ditumbuk kasar akan membuat rasa pedasnya lebih terasa nikmat. Supaya lebih bervariasi, coba kamu olah menjadi dendeng balado khas Padang. Baca juga: Resep Rendang Paru Sapi, Sajikan buat Pencinta Jeroan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan dendeng balado yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved