Resep Cilok bumbu kacang, Menggugah Selera

Cory Beck   01/11/2020 11:43

Cilok bumbu kacang
Cilok bumbu kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok bumbu kacang menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cilok bumbu kacang:
  1. Sediakan 250 gram tepung kanji
  2. Ambil 150 gram tepung terigu
  3. Siapkan 3 siung bawang putih haluskan
  4. Siapkan 1 lembar daun bawang iris2
  5. Siapkan 1 sdt garam
  6. Sediakan 1 sdt gula
  7. Ambil 1 sdt lada bubuk
  8. Siapkan 1 SDM kaldu bubuk rasa ayam
  9. Ambil 200 ml air mendidih
  10. Siapkan Bumbu kacang
  11. Ambil 125 gr kacang tanah. Goreng
  12. Ambil 2 siung bawang putih
  13. Ambil 2 buah cabe merah
  14. Sediakan 5 buah cabe rawit
  15. Gunakan secukupnya garam dan gula merah
  16. Sediakan 1 SDM kecap manis

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok bumbu kacang:
  1. Campur tepung kanji dan terigu di wadah campur bawang putih halus, kaldu bubuk, lada bubuk, gula dan garam
  2. Lalu tuang air mendidih sedikit sedikit ke campuran sagu dan terigu aduk dgn spatula setelah hangat tambahkan irisan daun bawang uleni dgn tangan hingga kalis
  3. Didihkan air secukupnya dalam panci, tambahkan 1 SDM minyak sayur. Bentuk adonan bulat2 rebus dlm air mendidih sampai mengapung angkat, tiriskan.
  4. Cara membuat bumbu kacang….goreng sebentar bawang putih, cabe merah, cabe rawit……blender kacang dgn garam, gula merah dan bumbu yang sudah di goreng, tambahkan air secukupnya.
  5. Panaskan wajan beri sedikit minyak…. Tuang kacang yg telah di haluskan masak dgn api kecil sampai mengental. Tes rasa matikan api campur cilok dgn bumbu kacang

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved