Resep Cilok bumbu kacang Anti Gagal

Glen Gardner   19/09/2020 18:24

Cilok bumbu kacang
Cilok bumbu kacang

Sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok bumbu kacang menggunakan 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok bumbu kacang:
  1. Ambil 12 sdm tepung terigu
  2. Ambil 13 sdm tepung tapioka
  3. Ambil 200 ml air panas
  4. Sediakan Secukupnya gula, merica, garam
  5. Ambil 4 siung bawang putih (haluskan)
  6. Sediakan 1 buah daun bawang (iris halus)
  7. Ambil Bumbu kacang :
  8. Siapkan 100 gram kacang tanah (goreng)
  9. Siapkan 8 buah cabe rawit (goreng)
  10. Sediakan 2 lembar daun jeruk (goreng)
  11. Gunakan 1 ruas kencur (goreng)
  12. Gunakan 8 siung bawang putih (goreng)
  13. Ambil 1 sdm air asam jawa
  14. Ambil 30-50 gram gula jawa
  15. Gunakan Secukupnya kecap manis
  16. Sediakan Secukupnya saus sambal
  17. Gunakan Secukupnya garam

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok bumbu kacang:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Buat bumbu kacang terlebih dahulu : blender kacang goreng dan bahan lain yang sudah di goreng
  3. Buat adonan cilok : siapkan wadah, campur semua bahan kecuali daun bawang. Lalu masukan air sedikit demi sedikit. 200 ml jangan di habiskan. Aduk rata, kemudian masukan daun bawang. Aduk rata kembali.
  4. Bulatkan adonan
  5. Didihkan air di panci lalu beri 1 sdm minyak sayur. Masukan adonan cilok dan biarkan hingga mengapung. Baru angkat.
  6. Tumis bumbu cilok yg sudah di blender dan campurkan semua bahan yg lain.
  7. Sajikan cilok dan siram dengan bumbu kacangnyaaa

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved