Resep Cilok Bumbu Kacang, Menggugah Selera

Viola Horton   25/09/2020 12:39

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang menggunakan 20 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Sediakan tepung terigu
  2. Gunakan tepung tapioka
  3. Gunakan air panas
  4. Sediakan Gula pasir,
  5. Gunakan Merica,
  6. Gunakan Garam,
  7. Ambil bawang putih, haluskan
  8. Ambil daun bawang, iris halus
  9. Gunakan Saus Kacang :
  10. Siapkan kacang tanah goreng
  11. Ambil cabe rawit goreng
  12. Sediakan daun jeruk, goreng dulu biar ngga pahit
  13. Siapkan kencur bubuk (me : pakai kencur yg fresh)
  14. Sediakan bawang putih, goreng
  15. Gunakan air asam jawa
  16. Ambil gula jawa
  17. Siapkan Kecap manis,
  18. Sediakan Saos sambal,
  19. Sediakan Garam,
  20. Sediakan Air panas,

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuat Cilok Bumbu Kacang:
  1. Buat sausnya : Blender kacang tanah,cabe, daun jeruk, kencur dan bawang putih, sisihkan
  2. Tumis kacang yg sudah diblender, Lalu masukkan air panas, gula, garam, air asam jawa, aduk rata bersama saos sambal dan kecap manis.Tes rasa. Aduk2 masak hingga matang. Sisihkan.
  3. Buat adonan ciloknya : siapkan wadah, campur semua bahan jadi satu kecuali daun bawang, lalu beri air panas sedikit demi sedikit. Jika dirasa sudah bisa dibentuk, hentikan airnya. (Jadi 200 ml ngga dipakai semua),aduk rata, masukkan daun bawang, aduk rata kembali
  4. Bulat bulatkan adonan.
  5. Didihkan air dipanci, beri 1 sdm minyak goreng. Masukkan bulatan adonan cilok,biarkan sampai matang,tandanya sudah mengapung ya, angkat lalu tiriskan
  6. Tata cilok di piring, kemudian siram dengan bumbu kacang…yuumy😋😋

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok Bumbu Kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved