Resep Ayam (ala) dendeng balado, Bisa Manjain Lidah

Brent Murphy   28/10/2020 22:55

Ayam (ala) dendeng balado
Ayam (ala) dendeng balado

Sedang mencari inspirasi resep ayam (ala) dendeng balado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam (ala) dendeng balado yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Dendeng Ayam Balado enak lainnya. Sumatera Barat terkenal akan makanannya yang bercita rasa pedas. Sebut saja rendang, dendeng balado, dan ayam balado.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam (ala) dendeng balado, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam (ala) dendeng balado enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam (ala) dendeng balado yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam (ala) dendeng balado memakai 11 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam (ala) dendeng balado:
  1. Siapkan dada ayam (iris tipis)
  2. Ambil 🍖bumbu halus
  3. Sediakan bumbu dasar putih
  4. Gunakan Ketumbar bubuk
  5. Ambil Jahe bubuk
  6. Gunakan Garam/gula
  7. Gunakan 🍲bahan sambal::
  8. Sediakan Cabe rawit
  9. Gunakan Cabe merah giling
  10. Siapkan Bawang merah
  11. Ambil Air jeruk (optional)

Baca juga: Resep Dendeng Balado Khas Padang, Hasilnya Kering dan Renyah Kentang balado buatan sendiri bisa dijadikan pelengkap lauk makan bersama keluarga. Bisa juga untuk salah satu menu buat bisnis nasi kotak. Selain rendang dan dendeng balado, sepertinya balado ayam wajib dicoba bagi Anda yang suka dengan olahan masakan dengan citarasa pedas, manis dan gurih. Lihat juga resep Daging Sapi balado enak lainnya.

Cara menyiapkan Ayam (ala) dendeng balado:
  1. Campur semua bahan jadi satu, diamkan biar bumbu meresap
  2. Lalu masak dan ungkep hingga asat, goreng tidak kering
  3. Bahan sambal: uleg semua bahan jadi satu, lalu tumis hingga bau langu hilang beri gula/garam dan sedikit air jeruk nipis lalu masukkan ayamnya.
  4. Sajikan

Resep Dendeng Balado Padang ini memang merupakan salah satu masakan khas dari Padang selain resep rendang sapi. Masakan ini pun juga sudah tersebar kelezatannya ke berbagai penjuru daerah. Mari simak bahan apa saja dan bagaimana proses pembuatannya di bawah ini. Ayam Balado - Kali ini kami akan membahas tentang ayam yang di masak dengan bumbu balado bun. Tapi sebelumnya akan kami bahas terlebih dahulu tentang sambal balado.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam (ala) dendeng balado yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved