Resep Dendeng Ayam Balado Anti Gagal

Craig Duncan   13/07/2020 04:50

Dendeng Ayam Balado
Dendeng Ayam Balado

Lagi mencari ide resep dendeng ayam balado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal dendeng ayam balado yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari dendeng ayam balado, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan dendeng ayam balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Dendeng balado is a traditional Indonesian meat dish originating from Padang. The dish is made with a combination of thinly sliced beef that's fried until crispy and a spicy chili sambal. The sambal is usually served on top of the meat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan dendeng ayam balado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Dendeng Ayam Balado memakai 20 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Dendeng Ayam Balado:
  1. Ambil dada ayam, potong melebar (jangan terlalu tipis)
  2. Sediakan asam jawa
  3. Sediakan bawang putih
  4. Siapkan garam
  5. Siapkan air
  6. Ambil Bahan Sambal
  7. Siapkan cabe merah
  8. Gunakan tomat cerry
  9. Siapkan bawang merah
  10. Sediakan bawang bombay, iris
  11. Gunakan bawang prey, potong
  12. Gunakan daun jeruk
  13. Gunakan daun salam
  14. Siapkan air jeruk nipis
  15. Sediakan air
  16. Siapkan garam
  17. Gunakan gula pasir
  18. Ambil Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan cabe
  19. Sediakan pelengkap
  20. Sediakan petai (boleh tidak dipakai)

It is preserved through a mixture of sugar and spices and dried via a frying process. The creation of dendeng is commonly credited to the Minangkabau people, and their earliest dendeng was made from beef, dried so it would be preserved for days and could be taken along with them when they traveled. Dendeng balado merupakan olahan daging sapi khas Sumatera Barat yang memiliki rasa pedas gurih dan nikmat. Sajian ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu digoreng hingga kering dan disiram dengan sambal balado cabe merah di atasnya.

Cara membuat Dendeng Ayam Balado:
  1. Blender halus, bawang putih bersama 100 ml air, remas asam Jawa, tambahkan garam dan gunakan untuk merebus ayam sampai air menyusut
  2. Goreng ayam sampai kuning kecoklatan dan agak berkulit, lalu geprek ringan
  3. Tumbuk kasar cabe merah bersama garam hingga pecah, masukkan bawang, tumbuk hancur, tambahkan tomat ceri, hancurkan, aduk hingga rata
  4. Goreng adonan cabe dengan minyak panas aduk sampai bau langu hilang, tambahkan daun jeruk, daun salam, daun bawang, bawang bombai, petai, aduk rata
  5. Masukan ayam, aduk sampai tercampur rata, tambahkan air jeruk nipis yang sudah dicampur 50 ml air dan gula, kecilkan api, biarkan mengering

Sambal balado merah yang ditumbuk kasar akan membuat rasa pedasnya lebih terasa nikmat. Seperti namanya, ayam tp rasa dendeng yang biasa di bikin 😂 , Catarina Diana. Ayam Goreng Bumbu Dendeng Balado Basah. Judulnya panjang sekali yaa mom's & ayamnya ketutup bumbunya 😅 Daging ayam itu fleksibel bisa dimasak apapun tetap enak dimakan.. Lihat juga resep Dendeng Kering Balado enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat dendeng ayam balado yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved