Bagaimana Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Pedas Anti Gagal

Daisy Howard   04/10/2020 09:04

Cilok Bumbu Kacang Pedas
Cilok Bumbu Kacang Pedas

Lagi mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok bumbu kacang pedas yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang pedas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cilok bumbu kacang pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

CILOK BUMBU KACANG pedas merupakan cemilan Khas Bandung. Cilok Bumbu Kacang pedas disukai oleh wisatawan lokal. Bahkan turis mancanegara juga suka cilok.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok bumbu kacang pedas sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Pedas menggunakan 21 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok Bumbu Kacang Pedas:
  1. Siapkan Bahan Adonan :
  2. Gunakan 250 gr tepung tapioka (tepung sagu/aci)
  3. Gunakan 100 gr tepung terigu
  4. Ambil 1 sdm bubuk bawang putih
  5. Siapkan 1 sdm kaldu jamur
  6. Gunakan secukupnya Garam
  7. Siapkan 2 helai daun bawang
  8. Siapkan Air untuk merebus
  9. Siapkan Air panas untuk mengadon
  10. Ambil Bahan Saus Kacang :
  11. Siapkan 150 gr kacang tanah (digoreng)
  12. Gunakan 10 buah cabai merah keriting
  13. Gunakan 8 buah cabai rawit merah
  14. Gunakan 3 buah bawang putih
  15. Siapkan 1/2 blok gula merah
  16. Gunakan 1 sdm asam jawa dari 2 biji asam
  17. Gunakan 2-3 sdm kecap manis
  18. Gunakan secukupnya Garam
  19. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  20. Sediakan 1 buah jeruk limau
  21. Siapkan 1 1/2 gelas Air

Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Cimol biasanya dimakan menggunakan tusukan kayu seperti makan cilok. Bahan-bahan Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat. Sajikan Cilok bersama siraman Bumbu kacang hangat dan perasan jeruk limau, saus sambal dan kecap manis sesuai selera.

Langkah-langkah membuat Cilok Bumbu Kacang Pedas:
  1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, kaldu, bubuk bawang putih. Beri air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika sudah hangat, adon pakai tangan hingga kalis. Masukkan daun bawang, dan adon kembali.
  2. Didihkan air dalam panci besar, tambahkan 2 sdm minyak sayur. Bentuk adonan bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera. Jangan lupa telapak tangan taburi dengan tepung tapioka supaya saat membentuk adonan, tidak nempel ditangan. Adonan yg sudah dibentuk langsung dimasukkan dalam air mendidih.
  3. Kalau sudah mengapung tandanya sudah matang, bisa dicek apakah matang ssmpurna. Kalau sudah matang, tiriskan.
  4. Membuat bumbu kacang : goreng kacang, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, kemudian haluskan, boleh diulek, atau blender.
  5. Panaskan 3 sdm minyak untuk mengoreng sambal kacang. Goreng sampai mendidih, tambahkan daun jeruk, gula merah, garam, air, dan kecap. Masak sampai medidih. Tes rasa. Kalau sudah pas, tambahkan perasan jeruk limau
  6. Kalau mau medok, bumbu meresap, cilok diaduk diatas api kecil di wajan. Tapi bisa juga, cilok dan bumbu kacang disajikan terpisah. selamat mencoba.

Semua orang tentunya kenal yang namanya cilok. Yaitu makanan yang terbuat dari sagu berbentuk bulat seperti bakso yang dimakan bersama sambal kacang dan merupakan makanan khas jawa barat yang cukup kesohor. Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan. Olesi dengan bumbu pedas manis yang sudah disiapkan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Cilok Bumbu Kacang Pedas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved