Bagaimana Membuat Cilok isi bumbu kacang ngajelegur Anti Gagal

Lucy Hayes   25/10/2020 00:24

Cilok isi bumbu kacang ngajelegur
Cilok isi bumbu kacang ngajelegur

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok isi bumbu kacang ngajelegur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok isi bumbu kacang ngajelegur yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat Tumbuk kacang hingga halus lalu tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam. Mulai dari cilok isi abon ayam / sapi, cilok isi daging, cilok isi cincangan ayam, cilok udang, cilok ikan, cilok rawit pedas, cilok isi telur puyuh Pada umumnya cilok kenyal ini disajikan bersama bumbu pelengkap seperti sambal kacang, saus cabai, kecap, abon pedas maupun bubuk cabai. Siramkan bumbu kacang secara merata di atasnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok isi bumbu kacang ngajelegur, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok isi bumbu kacang ngajelegur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cilok isi bumbu kacang ngajelegur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cilok isi bumbu kacang ngajelegur menggunakan 12 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cilok isi bumbu kacang ngajelegur:
  1. Siapkan 1/4 terigu
  2. Sediakan 1/4 sagu
  3. Siapkan 1 bks masako
  4. Ambil Abon
  5. Gunakan Otak-otak cincang
  6. Sediakan Bumbu kacang
  7. Ambil Kacang goreng
  8. Siapkan 3 buah bawang merah
  9. Ambil 1 buah bawang putih
  10. Siapkan 15 buah cabai rawit
  11. Siapkan Penyedap rasa
  12. Ambil Kecap manis

Seperti diketahui bahwa cilok merupakan jajanan harga murah yang banyak Hal ini seperti pada bakso yang ada berbagai macam kreasi, seperti bakso isi tahu, bakso isi telur puyuh, bakso beranak, dan kreasi bakso lainnya. Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Cilok yang liat dan susah dimakan akan mengurangi kelezatan dari cilok yang telah dibuat.

Cara menyiapkan Cilok isi bumbu kacang ngajelegur:
  1. Uleni terigu dan sagu dgn sedikit air panas, beri penyedap rasa dan aduk hingga kalis
  2. Cetak mjd bulatan kecil lalu isi dgn potongan otak otak atau abon
  3. Celupkan kedalam air mendidih, biarkan hingga matang dan terapung
  4. Buat bumbu kacang dgn cara haluskan semua bahan lalu tumis hingga wangi. Tambahkan sedikit air.
  5. Tambahkan penyedap rasa dan kecap. Aduk terus hingga matang
  6. Angkat cilok yg sudah masak lalu tiriskan, kemudian masukan kedalam bumbu kacang dann aduk sampai merata. Cilok bumbu kacang siap disajikan

Berikut adalah resep cilok dengan bumbu kacang yang empuk Resep Cilok Bumbu Kacang. Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Cilok matang ditusuk seperti sate, lalu dituang dengan bumbu kacang atau kecap. Ada juga cilok yang tidak ditusuk. Cilok bumbu kacang adalah kreasi lainnya dari resep cara membuat cilok.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok isi bumbu kacang ngajelegur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved