Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cilok Bumbu Kacang yang Menggugah Selera

Lina Warren   30/11/2020 19:00

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok bumbu kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok Bumbu Kacang menggunakan 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Gunakan Bahan aci
  2. Ambil tepung tapioka
  3. Sediakan tepung terigu
  4. Sediakan daun bawang
  5. Gunakan garam
  6. Sediakan kaldu bubuk
  7. Ambil air panas
  8. Siapkan Isian
  9. Siapkan telur
  10. Siapkan garam
  11. Gunakan Bumbu kacang
  12. Sediakan kacang tanah
  13. Siapkan bawang putih
  14. Gunakan cabai rawit merah
  15. Siapkan gula merah
  16. Sediakan asam kandis
  17. Sediakan daun jeruk
  18. Sediakan garam
  19. Gunakan saus sambal
  20. Gunakan kecap manis
  21. Ambil air
  22. Gunakan minyak goreng

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Langkah-langkah membuat Cilok Bumbu Kacang:
  1. Campur jadi satu bahan aci, lalu tambahkan air panas secara bertahap.
  2. Goreng telur Dadar seperti umumnya, lalu potong kecil. Sisihkan
  3. Haluskan bawang putih dan cabai. Sangrai kacang hingga matang, lalu haluskan. Saya haluskan dgn bantuan food processor.
  4. Tumis bumbu, tambahkan gula merah, asam kandis, dan daun jeruk hingga harum. Kemudian masukkan air, lalu kacangnya. Beri garam, saus, kecap. Tes rasa
  5. Ambil secukupnya adonan aci, pipihkan dan beri isian telur dadar, bulatkan rapat. Rebus dengan air mendidih hingga matang (terapung). Angkat dan taruh dalam mangkuk, lalu siram dengan sambal kacang. Sajikan.

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved