Bagaimana Membuat Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan yang Menggugah Selera

Julia Pratt   01/12/2020 07:25

Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan
Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan

Anda sedang mencari ide resep bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bakwan is an Indonesian fried meal consisting of vegetables and batter. Bakwan usually refer to vegetable fritter snack, commonly sold by traveling street vendors. In West Java bakwan is called as 'bala-bala'.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan memakai 13 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan:
  1. Gunakan tepung terigu
  2. Ambil wortel, potong korek api
  3. Gunakan kol, rajang halus
  4. Sediakan daun bawang, iris halus
  5. Gunakan bumbu halus:
  6. Siapkan bawang putih
  7. Ambil bawang merah
  8. Ambil garam
  9. Siapkan gula
  10. Ambil merica
  11. Gunakan bumbu penyedap
  12. Siapkan air matang untuk melarutkan tepung
  13. Sediakan minyak sayur umtuk menggoreng

Bala-bala atau sering juga disebut bakwan merupakan jajanan kaki lima khas Bandung. Walau harganya murah, namun rasanya juara. Cara membuatnya pun sangat mudah, lho. Namun, terkadang rasa bala-bala buatan sendiri tidak seenak bala-bala yang dibeli dari penjual gorengan.

Cara membuat Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan:
  1. Campur tepung terigu dengan bumbu halus dan air matang. Aduk sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  2. Masukkan sayuran yg sudah dipotong-potong, aduk rata.
  3. Koreksi rasa, setelah didapat rasa yg sesuai, goreng dalam minyak panas. Setelah kekuningan angkat dan tiriskan.
  4. Kalo di daerah saya (koya malang) ini namanya weci. Proses penggorengannya dicetak bulat menggunakan sendok sayur (erus). Tapi kalo di daerah suami namanya (bandung) namanya bala-bala. Pas gorengnya gak perlu dicetak. Jd bentuknya tidak beraturan.

Entah kenapa, suka ada saja r… Resep bala bala khas sunda atau bisa saja kita sebut sebagai bakwan ini bukanlah sesuatu yang susah untuk dipraktekkan di rumah begitu juga dengan bahan-bahan yang diperlukan, semuanya cukup mudah didapat atau mungkin sudah tersedia di kulkas. Lihat juga resep Bakwan Kriuk a.k.a Bala-Bala Kriuk Bumbu Rujak enak lainnya. Di Jawa Barat bakwan disebut bala-bala, di Jawa Tengah terutama daerah Pati disebut pia-pia, di Kota dan Kabupaten Malang disebut weci, dan di Sidoarjo dan Surabaya disebut ote-ote. Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur). Bakwan Sayur a.k.a Ote-ote enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bala-bala a.k.a weci a.k.a bakwan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved