Bagaimana Membuat Cilok Bumbu Kacang Medok Anti Gagal

Theresa Mack   02/12/2020 15:02

Cilok Bumbu Kacang Medok
Cilok Bumbu Kacang Medok

Anda sedang mencari ide resep cilok bumbu kacang medok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang medok yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Aku dan suami suka banget sama cilok, apalagi yang bumbu kacang dan kuah pedas limo. Saking suami suka banget sama cilok terkadang hanya buat cilok tanpa bumbu/kuah, hanya disantap dengan kecap saja. Cilok ini bukan makanan yang tahan lama, hanya seharian saja sudah bisa basi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok bumbu kacang medok, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok bumbu kacang medok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cilok bumbu kacang medok yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Medok memakai 18 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Medok:
  1. Gunakan 200 gr Aci/sagu/tapioka
  2. Gunakan 150 gr Tepung terigu
  3. Ambil 1 batang daun bawang
  4. Ambil 4 siung bawang putih, haluskan
  5. Siapkan Secukupnya lada bubuk dan kaldu bubuk
  6. Siapkan Secukupnya air mendidih
  7. Gunakan Bumbu Kacang
  8. Siapkan 100 gr kacang tanah goreng
  9. Sediakan 4 siung bawang putih
  10. Gunakan 6 siung bawang merah
  11. Gunakan 4 rawit merah
  12. Gunakan 15-20 cabai merah keriting
  13. Siapkan 2 sdm Air asam jawa
  14. Ambil 3 sdm kecap manis
  15. Ambil 1 sdt gula pasir
  16. Siapkan 1 sdt maizena larutkan
  17. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  18. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit. Semua orang tentunya kenal yang namanya cilok. Yaitu makanan yang terbuat dari sagu berbentuk bulat seperti bakso yang dimakan bersama sambal kacang dan merupakan makanan khas jawa barat yang cukup kesohor.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Medok:
  1. Cilok : campur bahan kering sampai rata, lalu masukkan air mendidih sedikit demi sedikit menggunakan centong plastik karena panas. Jangan sampai kelembekan atau jangan terlalu kering
  2. Bentuk bulat-bulat sampai adonan habis, lalu rebus di air mendidih sampai cilok mengambang tanda sudah matang, angkat tiriskan
  3. Bumbu Kacang : rebus cabai sampai empuk, lalu siram dengan air dingin. Blender sampai halus duo barang, duo cabai rebus dan kacang tanah dengan air kurleb 500ml.
  4. Panaskan minyak agak banyak, lalu masukkan bumbu kacang, aduk.
  5. Masukkan air asam Jawa, kecap manis, daun jeruk, gula pasir, bubuk kaldu, masak sampai minyaknya keluar dan air agak menyusut. Masukkan cilok, aduk rata, tes rata. Angkat dan sajikan

Cilok merupakan makanan ringan murah yang. cara membuat cilok isi sosis bumbu kacang (penggorenganwajankuali.blogspot.co.id). Bahan-bahan Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat. Sajikan Cilok bersama siraman Bumbu kacang hangat dan perasan jeruk limau, saus sambal dan kecap manis sesuai selera. Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Langkah dan Cara Membuat Cilok Daging Bumbu Kacang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang medok yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved