Resep Cilok Bumbu Kacang, Menggugah Selera

Sara Warner   05/08/2020 18:25

Cilok Bumbu Kacang
Cilok Bumbu Kacang

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok bumbu kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit semua orang. Lalu masak bumbu kacang sebentar sampai mendidih, dan angkat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok Bumbu Kacang menggunakan 24 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Ambil tapioka
  2. Gunakan terigu
  3. Ambil air
  4. Sediakan daun bawang, iris
  5. Gunakan gula pasir
  6. Gunakan kaldu bubuk
  7. Gunakan Bumbu halus:
  8. Sediakan bawang putih
  9. Sediakan merica
  10. Ambil garam
  11. Gunakan kemiri (saya goreng dahulu)
  12. Gunakan Bumbu kacang:
  13. Gunakan kacang tanah
  14. Ambil air
  15. Sediakan daun jeruk
  16. Gunakan kecap manis
  17. Ambil gula pasir
  18. Sediakan Bahan saus kacang yg dihaluskan:
  19. Siapkan cabe merah (saya 8 cabe)
  20. Sediakan kemiri,goreng
  21. Gunakan bawang putih
  22. Siapkan bawang merah
  23. Gunakan garam
  24. Siapkan cabe rawit merah

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang.

Cara menyiapkan Cilok Bumbu Kacang:
  1. Didihkan air bersama kaldu bubuk & gula kemudian masukan bumbu halus, aduk rata. Masukan terigu gunakan api kecil,aduk sampai kalis, matikan api
  2. Pindahkan ke wadah masukan daun bawang & tapioka aduk rata jangan terlalu kuat supaya cilok nanti tidak keras
  3. Bentuk bulat adonan sampai selesai lalu rebus air beri 1 sdm minyak, rebus cilok sampai mengapung tunggu sebentar, angkat
  4. Buat saus kacang, siapkan wajan tuang minyak setelah panas masukan bumbu halus & daun jeruk tumis sampai harum kemudian masukan 400ml air aduk rata. Masukan kacang yg sdh dihaluskan, gula, kecap manis aduk rata. Masukan sisa air,masak sampai bumbu berminyak jangan lupa tes rasa

Nama cilok sendiri cukup unik, cilok sebenarnya adalah paduan antara kata aci dan dicolok. bahasa sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok (ditusuk) dan diberi bumbu kacang. Namun cara penyemaian dengan menggunakan cilok bumbu kacang lebih banyak dijumpai. Colok juga memiliki berbagai jenis baik dari cilok bakar, cilok goreng, cilok dengan isi telur, dan berbagai. Cara Membuat Bumbu Kacang Cilok Cilok bumbu kacang pun siap disajikan selagi hangat. Paling nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman saat liburan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved