Cara Gampang Membuat Ikan Gurame Asam manis Anti Gagal

Marcus Santiago   20/07/2020 08:13

Ikan Gurame Asam manis
Ikan Gurame Asam manis

Sedang mencari ide resep ikan gurame asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan gurame asam manis yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame. Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis yang akan dibahas pada resep kali ini. Rasanya yang gurih dengan daging lembut, dipadukan dengan bumbu asam manis sangatlah lezat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ikan gurame asam manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan gurame asam manis yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ikan Gurame Asam manis menggunakan 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan Gurame Asam manis:
  1. Gunakan 1 ekor ikan gurame kecil
  2. Ambil Bahan yang dihaluskan :
  3. Ambil 20 biji cabe rawit hijau (tergantung selera)
  4. Gunakan 3 siung bawang putih
  5. Sediakan 6 siung bawang merah (uk kecil)
  6. Sediakan 2 ruas jari kunyit
  7. Sediakan 1 biji kemiri
  8. Siapkan Secukupnya asam jawa
  9. Gunakan Secukupnya kemangi (boleh skip)
  10. Gunakan 1 buah sereh
  11. Siapkan Secukupnya garam, msg (boleh skip), gula putih

Resep Gurame Asam Manis - Ikan gurame yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini juga cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan pengolahan yang cukup beragam. Mulai dari digoreng, dibakar, dipepes, ditumis bahkan dimasak asam manis. Resep: Gurami asam manis Sederhana. in Seafood.

Langkah-langkah membuat Ikan Gurame Asam manis:
  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai agak kuning, beri air sedikit biarkan air sampai mendidih dan menyisa sedikit
  2. Masukan ikan, dan beri air agak banyak
  3. Tunggu sampai mendidih masukan asam jawa, kemangi/sereh, garam, msg, gula putih, tunggu sampai ikan sudah benar-benar matang.. Jangan terlalu banyak di bolak-balik ya buibu.. Takut hancur ikannya.. ^^

Resep Ikan Gurame Tepung Asam Manis - Menu masakan dari olahan ikan gurame memang sering menjadi favorit bagi banyak orang. Dari anak kecil hingga orang dewasa, banyak yang menyukai ikan gurame. Ikan gurame biasanya dimasak dengan dibakar ataupun di goreng. Cara Membuat Gurame Asam Manis - Menurut Wikipedia Ikan Gurame atau dalam Bahasa Inggris di sebut Osphronemus Goram merupakan sejenis ikan air tawar yang di sukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia sendiri gurame sering di pelihara dalam taman ikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan Gurame Asam manis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved