Cara Gampang Menyiapkan Gurame asam manis yang Lezat

Blanche Huff   17/06/2020 15:27

Gurame asam manis
Gurame asam manis

Anda sedang mencari ide resep gurame asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asam manis yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gurame asam manis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gurame asam manis sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Gurame asam manis memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Gurame asam manis:
  1. Siapkan 2 ekor Ikan gurame
  2. Siapkan 2 buah tomat (bisa diganti saos tomat)
  3. Ambil 1 buah bawang Bombay (iris)
  4. Ambil 1 siung bawang putih (cincang)
  5. Ambil 1 buah cabai hijau besar (buang isinya)
  6. Gunakan 2 sdm Saos sambal (sesuai selera)
  7. Ambil 1 sdt Merica bubuk
  8. Ambil 1 sdm maizena
  9. Ambil 200 ml air
  10. Siapkan 1 sdm margarine
  11. Ambil 1 sdt penyedap rasa
  12. Sediakan 1 sdm gula pasir
  13. Gunakan 1 buah wortel iris memanjang
  14. Sediakan secukupnya Nanas

Resep Gurame Asam Manis - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID - Resep Gurame Asam Manis - Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Langkah-langkah membuat Gurame asam manis:
  1. Cuci bersih Ikan Dan lumuri dengan jahe parut Dan jeruk nipis
  2. Goreng Ikan (kalau bisa deep fryer agar matang merata Dan renyah)
  3. Siapkan Teflon atau wajan….masukkan margarine… bawang putih cincang Dan bawang Bombay… tomat parut atau saos tomat…. Dan saos sambal…
  4. Tambahkan air.. bumbu penyedap… gula… Dan garam.. aduk rata..
  5. Setelah koreksi rasa masukkan wortel Dan cabai hijau iris memanjang..
  6. Masukkan larutan maizena.. agar mengental…. dikira cukup…. terakhir tambahkan Nanas iris…
  7. Siap disajikan

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Gurame asam manis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved