Resep Papeda/Cilung, Sempurna

Alvin Gray   22/10/2020 00:57

Papeda/Cilung
Papeda/Cilung

Anda sedang mencari ide resep papeda/cilung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal papeda/cilung yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari papeda/cilung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan papeda/cilung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Lihat juga resep Papeda, Papeda Ikan Kuah Kuning enak lainnya. Cari produk Bumbu Masak Instan lainnya di Tokopedia.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat papeda/cilung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Papeda/Cilung memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Papeda/Cilung:
  1. Gunakan 6 sdm tepung sagu
  2. Gunakan 2 sdm tepung terigu
  3. Ambil 1 gelas belimbing air
  4. Ambil 2 buah telur ayam
  5. Gunakan Lada bubuk
  6. Gunakan Garam
  7. Ambil Penyedap rasa (saya: royco)
  8. Gunakan Tusuk sate
  9. Ambil Topping
  10. Ambil Saus sambal
  11. Sediakan Keju
  12. Ambil Mayones

Untuk urusan rasa, enak apalagi dengan bumbu balado. Biasanya cemilan ini dijajakan di SD, tentu saja saat ini sulit ditemukan. Resep Mudah Cara Membuat Papeda Telur Gulung Murah Meriah Putrymala blogs - Papeda Merupakan makanan berupa bubur sagu khas Papua dan Maluku yang biasanya di sajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang di bumbui dengan kunyit.

Langkah-langkah menyiapkan Papeda/Cilung:
  1. Kocok telur ayam dan beri garam sedikit. Pisahkan. Campur semua bahan kecuali telur. Sampai rata.
  2. Masukkan semua adonan kecuali telur. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan teflon yg sudah diolesi minyak sedikit.
  4. Masukkan 2-3 sdm kocokkan telur. Kemudian adonan sagu sebanyak 1 centong sayur kecil. Kemudian beri toping.
  5. Gulung dengan tusuk sate. Tanda cilung sudah matang/belum sewaktu digulung sudah tidak lengket di teflon. Angkat dan sajikan.

Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. Sejarah Papeda adalah bubur sagu bertekstur kenyal sekaligus liat/lengket yang merupakan makanan khas dari Indonesia Timur, khususnya Papua dan Maluku. Disana sagu sudah menjadi semacam makanan pokok dan kandungan gizinya konon lebih baik dari nasi. Karena rasanya yang cenderung tawar, papeda biasanya disajikan bersama ikan kuah kuning atau kuah asam pedas yang cukup kaya rasa. Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan papeda/cilung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved