Langkah Mudah untuk Membuat yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) Anti Gagal

Madge Peters   05/08/2020 23:42

yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis)
yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis)

Sedang mencari ide resep yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis). Yangnyeom tongdak adalah makanan khas korea yg sangat terkenal dgn bahan utama Gochujang (pasta saus sambal) dimana biasanya makanan ini disajikan pada musim panas. Resep Ayam Pedas Manis Korea (Yangnyeom Tongdak).

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) memakai 12 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis):
  1. Ambil 1/2 kilo sayap ayam
  2. Sediakan secukupnya lada hitam
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Sediakan tepung maizena
  5. Sediakan 4 sdm gochujang
  6. Siapkan secukupnya garam
  7. Ambil 1 sdm rice vinegar/ cuka beras
  8. Sediakan secukupnya wijen
  9. Ambil 3 sdm madu
  10. Ambil 4 sdm saus tomat
  11. Siapkan secukupnya gula
  12. Gunakan minyak utk menggoreng

Terakhir, angkat ayam goreng, pindahkan ke piring saji lalu hidangkan dengan taburan wijen selagi hangat. Nah, itu tadi resep ayam pedas manis ala Korea yang bisa Anda buat di rumah. Yangnyeom kurang lebih berarti dibumbui, Tongdak artinya ayam utuh. Aslinya, ayam utuh berukuran kecil dipotong-potong, dibalur adonan tepung, digoreng, dan dicampur dengan bumbu pedas manis asam (source: Maangchi's Fried Chicken, Yangnyeom Tongdak).

Cara membuat yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis):
  1. Cuci ayam hingga bersih dan tambahkan garam, bawang putih & lada hitam, diamkan hingga meresap.
  2. Sediakan wadah & masukkan tepung maizena lalu campur dgn lada hitam & garam. Setelah larut dgn bumbu baluri ayam dgn tepung maizena yg sdh diberi bumbu.
  3. Setelah semua ayam sdh dibaluri tepung, goreng ayam dgn api sedang hingga ayam berwarna kecoklatan.
  4. Sementara ayam digoreng, sediakan wadah lain & tumis bawang putih hingga harum lalu tambahkan saus tomat, gochujang, madu, rice vinegar, masak hingga bumbu benar2 matang.
  5. Setelah bumbu matang, masukkan ayam yg sudah digoreng kedalamnya lalu campur hingga bumbu merata. Setelah tercampur rata, angkat ayam & susun dipiring jgn lupa berikan wijen di atasnya.

Menu ayam pedas khas Korea kali ini tentu akan membuat Anda ketagihan. Tidak perlu jauh-jauh ke Korea demi mencicipi rasanya. Berikut ini yuk kita intip bagaimana pembuatan Tteokbokki alias ayam goreng Korea. Ayam goreng Korea ini diolah dengan perpaduan saus pedas manis gochujang, bawang putih, gula, dan bumbu-bumbu lainnya. Lumuri ayam dengan bumbu perendam Lalu diamkan semalaman d freezer.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat yangnyeom tongdak (ayam goreng saus pedas manis) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved