Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote Anti Gagal

Alejandro Torres   09/07/2020 02:23

Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote
Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote

Sedang mencari ide resep bakwan sayur / weci / ote-ote yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakwan sayur / weci / ote-ote yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut. Adonan dan bumbu bakwan sayur nya sebenarnya sama.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakwan sayur / weci / ote-ote, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bakwan sayur / weci / ote-ote enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bakwan sayur / weci / ote-ote sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote menggunakan 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote:
  1. Siapkan tepung terigu
  2. Ambil tepung beras
  3. Ambil wortel iris tipis korek api
  4. Ambil sayur kubis
  5. Gunakan toge
  6. Ambil masako ayam
  7. Sediakan garam
  8. Ambil air

Cara pengolahannya pun cukup sederhana dan mudah, yaitu cukup digoreng sampai matang. Dibeberapa daerah ote ote biasa juga digunakan untuk lauk karena. Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci".

Cara membuat Bakwan Sayur / Weci / Ote-Ote:
  1. Sayuran dipotong kecil-kecil kecuali toge, cuci bersih semuanya. Panaskan minyak dalam penggorengan kurang lebih 1sdm seukuran minyak untuk menumis. Tumis sayuran sampai layu, sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, masako, garam dan air dalam wadah. Aduk rata. Jangan sampai keenceran. Masukkan sayuran yg sudah ditumis. Aduk rata.
  3. Panaskan minyak menggenang dalam penggorengan. Cetakan bakwannya saya pakai sendok sayur yg gagangnya kayu/plastik. Sendok sayur yg dijadikan cetakan juga ikut dipanaskan ya.
  4. Minyaknya dimasukkan penggorengan, cetakannya juga ikut dicelupin dari awal minyaknya sebelum panas. Bulatan sayurnya harus tenggelam semua. Jadi saya pegangi terus gagangnya supaya posisinya berdiri dan bulatan sendok sayur tenggelam sempurna sampai minyaknya benar2 panas.
  5. Setelah minyak panas, tuangkan adonan bakwan sayur ke cetakan, dan goreng dg posisi cetakan sendok sayur berdiri. Intinya harus bener2 tenggelam dalam minyak ya bun kalau nggoreng.
  6. Begitu dirasa mulai garing, sendok sayurnya digoyang2in pelan2 supaya bakwannya lepas dari cetakan. Inilah fungsinya cetakan ikut dipanasin, supaya bakwan sayurnya bisa lepas. Kalau ga ikut dipanasin jadi lengket di cetakannya. Goreng bakwan hingga kuning keemasan. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Bakwan sayur siap dicemil! Dimakan pakai cabe atau dicocol pakai petis sama2 enak kok. Selamat mencoba yaa..

Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Meski terbuat dari bahan yang sama yakni tepung terigu, irisan sayur kubis, wortel dan lainnya yang kemudian digoreng hingga matang dan renyah, bakwan memiliki nama berbeda-beda di berbagai kota di Indonesia. Dan berikut nama lain dari bakwan. Di Malang, Jawa Timur, orang menyebut bakwan dengan nama weci atau heci.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bakwan sayur / weci / ote-ote yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved