Resep Ikan Gurame Asam Manis alaala Anti Gagal

Mike Soto   08/09/2020 18:24

Ikan Gurame Asam Manis alaala
Ikan Gurame Asam Manis alaala

Lagi mencari ide resep ikan gurame asam manis alaala yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan gurame asam manis alaala yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame. Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis yang akan dibahas pada resep kali ini. Rasanya yang gurih dengan daging lembut, dipadukan dengan bumbu asam manis sangatlah lezat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan gurame asam manis alaala, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan gurame asam manis alaala enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan gurame asam manis alaala yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ikan Gurame Asam Manis alaala menggunakan 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ikan Gurame Asam Manis alaala:
  1. Gunakan 1 ekor ikan gurame
  2. Ambil I buah jeruk nipis
  3. Gunakan Tepung Bumbu
  4. Ambil Nanas
  5. Ambil Wortel
  6. Sediakan Cabe hijau
  7. Ambil Bawang bombay
  8. Gunakan Saus Pedas
  9. Siapkan Saus Tomat
  10. Sediakan Saus Tiram
  11. Sediakan secukupnya Gula
  12. Siapkan secukupnya Minyak

Mulai dari digoreng, dibakar, dipepes, ditumis bahkan dimasak asam manis. Gurih ikan goreng yang di balut tepung,di padu saus asam manis yang seger , enak banget. Tuang saus sesaat sebelum disajikan agar ikannya masih garing dan renyah. Selamat datang di Channel dapur mamake, Resep hari ini adalah CARA MEMBUAT GURAME SAUS ASAM MANIS.

Langkah-langkah membuat Ikan Gurame Asam Manis alaala:
  1. Cuci ikan gurame sampai bersih, kemudian diberi perasan jeruk nipis. Tunggu 5 menit, dan cuci kembali hingga bersih.
  2. Lumuri ikan dengan tepung bumbu.
  3. Goreng ikan yang sudah dilumuri tepung ke minyak panas sampai terlihat kuning kecoklatan.
  4. Angkat ikan dan tiriskan.
  5. Masukkan bawang bombay pada wajan yang sudah diberi sedikit minyak, tumis sampai harum. Kemudian tambahkan saus pedas, saus tomat, saus tiram, air dan gula secukupnya.
  6. Kemudian masukkan wortel, tunggu sampai layu. Lalu masukkan nanas.
  7. Tuangkan saus asam manis ke atas hidangan ikan gurame. Tambahkan timun sebagai pemanis.

Mengolah ikan dengan cara di fille. Resep Ikan Asam Manis - Kreasi masakan berbahan ikan memang tak ada habisnya. Mulai dari digoreng berbalut tepung, sup kaya rempah, hingga dipadu dengan saus asam manis. Tekstur daging ikan yang lembut dapat menyatu dengan aneka racikan bumbu. Salah satu jenis olahan ikan yang banyak digemari adalah asam manis.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ikan gurame asam manis alaala yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved