Resep Gurame Asam Manis Pedas yang Sempurna

Micheal Mason   13/10/2020 13:05

Gurame Asam Manis Pedas
Gurame Asam Manis Pedas

Sedang mencari inspirasi resep gurame asam manis pedas yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asam manis pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame asam manis pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan gurame asam manis pedas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Gurame asam manis pedas enak lainnya. Resep Gurame Asam Manis Pedas Enak Bahan bahan Resep Gurame Asam Manis. Cuci bersih dengan air mengalir, belah dan keluarkan isi perutnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gurame asam manis pedas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Gurame Asam Manis Pedas memakai 19 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Gurame Asam Manis Pedas:
  1. Ambil 1 ekor Gurame sedang diambil dagingnya saja (fillet)
  2. Siapkan 1 buah Bawang Bombay, potong panjang
  3. Siapkan 1 Buah Paprika Kuning,potong panjang
  4. Siapkan 1 sdt datar Garam (secukupnya)
  5. Ambil 1/2 sdt Kaldu Ayam
  6. Siapkan 1 sdt muncung Gula
  7. Sediakan 75 gr Saos Tomat (secukupnya)
  8. Ambil 80 gr Saos Sambal (secukupnya)
  9. Sediakan 1 sdm Tepung Maizena, larutkan dalam air
  10. Gunakan Bumbu marinasi
  11. Gunakan 1/2 buah Lemon, peras ambil airnya
  12. Gunakan 2 sdm Garam (secukupnya)
  13. Gunakan secukupnya Merica
  14. Sediakan Bumbu Halus
  15. Sediakan 4 siung Bawang Merah
  16. Ambil 2 siung Bawang Putih
  17. Ambil 2 buah Tomat kecil
  18. Gunakan 1/2 Cabe Merah
  19. Ambil 2 buah Cabe Keriting

Selain itu, ikan gurame kaya akan variasi masakan karena ada banyak jenis masakan yang cocok untuk. Cara Membuat Ikan Gurame Saus Asam Manis Pedas - Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah sangat populer. Jenis ikan ini dapat dikonsumsi bagi setiap orang dengan berbagai macam cara pengolahan, dari mulai diolah dengan cara digoreng, dipepes atau dengan cara yanglainnya dan semuanya sama-sama memiliki rasa yang enak dan nikmat. Masakan Ikan Gurame Bumbu Asam Manis Pedas - Masakan olahan ikan gurame memang selalu menjadi pilihan favorit santapan sehari-hari bahkan acara formal.

Cara membuat Gurame Asam Manis Pedas:
  1. Potong dadu fillet ikan gurame kemudian marinasi dengan bumbu marinasi selama 15 menit. Jangan lama-lama nanti ikannya ga bisa digoreng kering.
  2. Selagi memarinasi ikan, siapkan bumbu halus, ulek atau blender semua bumbu. Saya di blender biar simple hehe
  3. Setelah 15 menit, cuci ikan gurame sekilas, agar tidak terlalu asin.
  4. Saatnya menggoreng ikan gurame. Panaskan minyak dengan api sedang ke besar, masukan gurame ketika minyak panas (panaskan diawal selama 3-5 menit).
  5. Goreng ikan sampe kecoklatan, usahakan jangan terlalu sering dibalik, biarkan sampai agak kering baru dibalik. Saya lebih suka ikan digoreng kering karena akan mengurangi bau amisnya. Jadi digoreng sampai crunchie.
  6. Siapkan bawang bombay dan paprika, potong. Kebetulan dikulkas ada paprika kuning, jadi saya pake, bisa juga pake paprika merah dan hijau agar lebih berwarna.
  7. Siapkan wajan baru untuk menumis.
  8. Tumis bumbu halus sebentar, masukan saos tomat, saos sambal, gula, garam, dan kaldu bubuk. Tambahkan air sedikit.
  9. Masukan ikan gurame goreng, bawang bombay dan paprika ke dalam wajan. Oseng-oseng kemudian test rasa.
  10. Masukan larutan maizena ke dalam wajan, aduk kembali sampai air saat.
  11. Gurame asam manis siap disajikan 😉.

Ikan gurame ini bisa diolah dengan berbagai bumbu dan saus sesuai selera. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Resep Gurame Asam Manis - Ikan gurame yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini juga cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan pengolahan yang cukup beragam. Mulai dari digoreng, dibakar, dipepes, ditumis bahkan dimasak asam manis.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat gurame asam manis pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved