Resep Gurame asam manis, Sempurna

Norman Vargas   25/09/2020 01:07

Gurame asam manis
Gurame asam manis

Lagi mencari inspirasi resep gurame asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asam manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan gurame asam manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan gurame asam manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Gurame asam manis memakai 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Gurame asam manis:
  1. Gunakan 800 gr Ikan gurame yg dipisah badan dan dagingnya
  2. Gunakan 1 bungkus tepung krispy (merk bebas)
  3. Sediakan 1 buah bawang bombay (ukuran sedang)
  4. Gunakan 5 siung bawang putih (cacah)
  5. Sediakan 1 ruas jahe(iris)
  6. Ambil 4 sdm saos cabe
  7. Sediakan 2 sdm saos tomat
  8. Siapkan 1/2 sdt penyedap(bebas)
  9. Siapkan 1/2 sdt garam
  10. Sediakan 1 sdm saos tiram
  11. Sediakan 1 sdm kecap asin
  12. Sediakan 1 sdm minyak wijen(optional)
  13. Sediakan 1 sdm gula
  14. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  15. Gunakan 50 ml air
  16. Sediakan 1 sdm mayzena (encerkan dgn bbrpa sendok air)

Resep Gurame Asam Manis - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID - Resep Gurame Asam Manis - Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Langkah-langkah membuat Gurame asam manis:
  1. Marinasi dulu ikan gurame dgn air jeruk nipis,garam,dan lada lahus.diamkan 10 mnt agar tdk bau amis. Cuci kembali.
  2. Tepung krispy bagi 2,(tepung basah dan kering) gulingkan ke tepung basah lalu gulingkan ke tepung kering dan goreng pada minyak yang sudah d panaskan. Kira2 sudah kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.selanjutnya mengolah saosnya
  3. Beri beberapa sdm minyak pada wajan tumis bawang bombay,bawang putih,jahe,daun jeruk,hingga wangi.masukan berbagai macam saos yg di atas sudah d tulis tambahkan air dan beri gula,penyedap,garam, masukan mayzena encer.
  4. Saos yg telah tercampur rata masukan gurame fillet yang telah d goreng krispy.aduk2 beberapa saat aja hingga tercampur. Dan gurame asam manis siap di makan.

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Gurame asam manis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved