Resep Gurame asam manis, Lezat

Cornelia Fields   20/06/2020 22:55

Gurame asam manis
Gurame asam manis

Lagi mencari inspirasi resep gurame asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gurame asam manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gurame asam manis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gurame asam manis yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gurame asam manis yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gurame asam manis menggunakan 12 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Gurame asam manis:
  1. Gunakan 1 ekor Ikan gurame
  2. Gunakan Jeruk nipis
  3. Ambil Garam
  4. Siapkan 2 sdm Mentega
  5. Ambil 2 siung Bawang putih
  6. Ambil 1/2 buah Bawang Bombay
  7. Siapkan 3 sdm Saos tomat
  8. Sediakan 1 SDM Saos sambal (bs disesuaikan klo mau pedas)
  9. Sediakan 1 sdm Saos tiram
  10. Sediakan 1 buah Timun potong korek api
  11. Gunakan 2 buah Wortel potong korek api
  12. Sediakan 1 sdm Gula putih

Resep Gurame Asam Manis - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID - Resep Gurame Asam Manis - Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Cara menyiapkan Gurame asam manis:
  1. Marinasi ikan dengan jeruk nipis & garam
  2. Goreng ikan sampai kering
  3. Ditempat terpisah, panaskan mentega
  4. Masukkan bawang Bombay dan bawang putih, tumis sampai harum
  5. Masukkan timun, wortel & air secukupnya sampai agak terendam, masak hingga air mendidih
  6. Masukkan saos tomat, saos sambal & saos tiram
  7. Masukkan gula putih dan garam secukupnya, masak hingga kental
  8. Koreksi rasa dan tuang diatas ikan yg sudah di goreng

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gurame asam manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved