Resep Pesmol ikan mas yang Sempurna

Leon Lamb   07/10/2020 10:20

Pesmol ikan mas
Pesmol ikan mas

Lagi mencari inspirasi resep pesmol ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan mas yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan mas, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pesmol ikan mas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Ibu saya jago banget masak masakan Indonesia. Tapi saya belum pandai urusan masakan yang bumbunya banyak, saya lebih suka bikin kue & pasta hehehe. Tapi kali ini saya coba masak ikan mas dengan instruksi dari ibu.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pesmol ikan mas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pesmol ikan mas memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pesmol ikan mas:
  1. Ambil 4 ekor ikan mas ukuran sedang cenderung kecil
  2. Gunakan 2 buah jeruk nipis
  3. Sediakan bumbu halus :
  4. Ambil 6 siung bawang merah
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Sediakan 2 cm jahe
  7. Sediakan 3 cm kunyit
  8. Siapkan 1 cm lengkuas
  9. Sediakan 3 butir kemiri
  10. Ambil 5 buah rawit merah (me : skip)
  11. Gunakan 2 lembar daun salam
  12. Ambil 1 batang sereh
  13. Ambil 2 lembar daun jeruk
  14. Ambil secukupnya garam, gula, merica dan penyedap
  15. Siapkan minyak untuk menggoreng
  16. Ambil 1 1/2 gelas air

Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya.

Langkah-langkah membuat Pesmol ikan mas:
  1. Cuci bersih ikan, lumuri dengan jeruk nipis, diamkan sebentar lalu goreng.
  2. Blender bumbu halus, kemudian tumis, masukkan daun salam, sereh, dan daun jeruk masak hingga harum
  3. Tambahkan 1 1/2 gelas air, bumbui dengan garam, gula, merica dan penyedap masak, koreksi rasa
  4. Masukkan ikan yg sudah di goreng tadi, masak hingga air agak menyusut dan bumbu meresap
  5. Suap dihidangkan dengan nasi hangat.

Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Resep Membuat Ikan Mas Pesmol Sedap Mantap - Ikan merupakan bahan makanan yang banyak memiliki kadungan protein yang tinggi, lemak, serta vitamin.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pesmol ikan mas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved