Resep Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan, Lezat Sekali

Nancy Vasquez   13/10/2020 18:04

Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan
Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan

Lagi mencari ide resep pesmol ikan mas ala mamak aidan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan mas ala mamak aidan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pesmol ikan mas ala mamak aidan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pesmol ikan mas ala mamak aidan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan. Resep dengan petunjuk video: Pesmol Ikan adalah ikan yang di goreng lalu di masak bersama acar kuning. Gurihnya ikan serta segarnya cuka, cocok disantap bersama nasi panas.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pesmol ikan mas ala mamak aidan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan memakai 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan:
  1. Ambil 4 ekor ikan mas ukuran sedang
  2. Gunakan 500 ml air matang
  3. Sediakan Minyak untuk menggoreng ikan & sebagian u/ menumis
  4. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  5. Sediakan secukupnya Garam
  6. Siapkan Gula dan bumbu penyedap (sesuai selera, aku pake royco ayam)
  7. Sediakan 5 buah cabe rawit
  8. Siapkan 1 batang daun bawang
  9. Gunakan 2 batang sereh (geprek)
  10. Ambil 2 cm lengkuas (geprek)
  11. Siapkan 4 lembar daun salam
  12. Gunakan 1/2 tomat (iris)
  13. Gunakan Bumbu yg dihaluskan:
  14. Sediakan 7 siung bawang merah
  15. Ambil 4 siung bawang putih
  16. Ambil 3 butir kemiri (sangrai)
  17. Ambil 2 cm kunyit (dibakar)
  18. Sediakan 4 buah cabe merah keriting

Menu harian yang nikmat yang pastinya bisa selalu anda sajikan yaitu menu dari olahan ikan mas yang masih segar. Ikan mas ini dibuat dengan dimasak menggunakan racikan ala pesmol yang sedap dan juga gurih. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri.

Langkah-langkah menyiapkan Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan:
  1. Cuci bersih ikan mas, berikan jeruk nipis dan garam, diamkan selama kurang lebih 10menit, lalu goreng ikan sampai matang kecoklatan (sesuai selera)
  2. Tumis bumbu yg dihaluskan dan masukan sereh, lengkuas dan daun salam sampai harum dan bumbu terasa matang (gunanya kemiri disangrai dan kunyit dibakar agar kedua bumbu lebih cepat rasanya matang, kalo kata mamahku)
  3. Setelah bumbu harum dan terasa matang, masukan air dan beri garam, gula dan penyedap, sambil dikoreksi rasanya
  4. Masukan tomat dan cabe rawit, masak sampai mendidih, lalu masukan ikan mas yg sudah digoreng dan biarkan bumbu agar meresap sebentar, beri daun bawang, aduk rata
  5. Siap disajikan dengan nasi hangat ❤

Pertama-tama, pastikan untuk melumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam agar bau amisnya hilang. Sebelum dicampur dengan bumbu pesmol, ikan nila harus digoreng terlebih dahulu. Setelah itu, barulah ikan bisa dimasak dengan bumbu pesmol hingga meresap. Selama ini saya suka merasa mati gaya untuk memasak menu ikan. Mengolah ikan ala saya biasanya cuma terbatas digoreng atau dibakar.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pesmol Ikan Mas ala Mamak Aidan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved