Bagaimana Menyiapkan (20) Gurame Asam Manis, Menggugah Selera

Delia Delgado   24/11/2020 09:55

(20) Gurame Asam Manis
(20) Gurame Asam Manis

Sedang mencari ide resep (20) gurame asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal (20) gurame asam manis yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari (20) gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan (20) gurame asam manis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Resep: Gurami asam manis Sederhana. in Seafood. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan (20) gurame asam manis sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat (20) Gurame Asam Manis memakai 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan (20) Gurame Asam Manis:
  1. Siapkan 500 gr ikan gurame, fillet potong kotak2
  2. Siapkan 1 bungkus tepung serbaguna uk kecil
  3. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis
  4. Siapkan 🌶 Bahan saus :
  5. Siapkan 5 buah cabai merah keriting
  6. Gunakan 3 siung bawang putih
  7. Gunakan 1/2 butir bawang bombay
  8. Siapkan 1 buah tomat merah
  9. Siapkan 1 sdm saus tiram
  10. Gunakan 4 sdm saus tomat
  11. Gunakan 2 sdm saus sambal
  12. Ambil 1/2 sdt garam
  13. Siapkan 100 ml air
  14. Siapkan 1 sdm tepung maezena + 50ml air (saya skip)

Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame. Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis yang akan dibahas pada resep kali ini.

Langkah-langkah membuat (20) Gurame Asam Manis:
  1. Bersihkan ikan lalu filet ikan potong kotak2. Bahan pelapis basah : ambil secukupnya tepung dg sedikit air, aduk agak kental. Sisanya utk pelapis kering. Celupkan ikan ke tepung basah lalu gulingkan pd tepung kering hingga rata.
  2. Goreng fillet ikan gurame sampai kecoklatan, angkat,sisihkan.
  3. Potong2 dan iris cabai, bawang, tomat. Tumis bawang bombay dan bawang putih, jika sdh harum dan layu masukkan irisan cabe dan tomat. Masak hingga aroma cabai hilang, beri garam dan saus. Aduk rata tambahkan air. Masak hingga mendidih dan saus kental.
  4. Terakhir masukkan ikan goreng. Matikan api, aduk rata lalu sajikan.

Rasanya yang gurih dengan daging lembut, dipadukan dengan bumbu asam manis sangatlah lezat. Lumuri ikan gurame dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan serai, lengkuas, dan daun salam. Bungks ikan gurame dengan daun pisang, lalu kukus. Masakan ini terkenal dengan sebutan ikan gurame saus asam manis. Cara membuat gurame asam manis menurut kami cukup mudah dibuat di rumah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat (20) gurame asam manis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved