Cara Gampang Membuat Ikan Asap Cabai hijau yang Lezat Sekali

Sadie Tran   01/11/2020 09:57

Ikan Asap Cabai hijau
Ikan Asap Cabai hijau

Sedang mencari ide resep ikan asap cabai hijau yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan asap cabai hijau yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Tongkol Asap Santan Cabe Ijo enak lainnya. Dapat kiriman cabai hijau dari kakak yang ada di Sragen (πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† jauh yaaa perjalanan cabai nya, Sragen - Pasuruan). Dapat juga terong ungu dari mertua, tinggal beli ikan asap nya. jadi deehh. ikan asap cabai hijau ala aku πŸ˜‚πŸ˜‚.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan asap cabai hijau, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan asap cabai hijau enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ikan asap cabai hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ikan Asap Cabai hijau memakai 9 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ikan Asap Cabai hijau:
  1. Siapkan 1/4 kg ikan asap kering
  2. Sediakan 15 bh cabai hijau besar coper kasar aja
  3. Sediakan 10 bawang merah iris
  4. Ambil 5 siung bawang putih haluskan
  5. Ambil 5 lbr daun jeruk
  6. Gunakan 1/2 sdm gulput
  7. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk
  8. Gunakan secukupnya Garam
  9. Gunakan 1 sdm perasan jeruk lemon

Silahkan dipelajari dan dipraktekkan di rumah. Resep ikan tongkol goreng ditumis dengan cabai hijau, praktis dan tidak butuh lama untuk memasaknya. Bisa disajikan dengan nasi hangat, ini adalah lauk pendamping yang bakal disukai oleh keluarga. Untuk resep ini, aku gunakan yang sudah diasap.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Asap Cabai hijau:
  1. Goreng ikan hingga kering, sisihkan.
  2. Tumis bawang merah iris hingga setengah kering, masukkan bawang putih ulek, aduk2 hingga 2 bawang harum, masukkan cabai hijau dan daun jeruk, masukkan bumbu lainnya aduk2 hingga cabai matang (tdk langu) masukkan ikan asap goreng aduk hingga semua ikan terbalut bumbu, cek rasa dan sajikanπŸ‘Œ

Campuran bumbu rempah ditumbuk dan dihaluskan, menggunakan cobek batu. Ikan asap ini khas aromanya jika di masak santan. Dan nggak harus cuma ikan asap lho, macam-macam bahan bisa kita cemplungin ke kuah mangut. Kadang aku malah kebalik, ikan asapnya cuma sedikit, yang banyak bahan lain, misal tahu atau tempe, terong, dll. Lihat juga resep Pare & Ikan Asap (Kuah Santan) enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ikan asap cabai hijau yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved