Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pesmol Ikan Mas yang Sempurna

Bruce Stokes   05/07/2020 10:27

Pesmol Ikan Mas
Pesmol Ikan Mas

Anda sedang mencari inspirasi resep pesmol ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan mas yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ibu saya jago banget masak masakan Indonesia. Tapi saya belum pandai urusan masakan yang bumbunya banyak, saya lebih suka bikin kue & pasta hehehe. Tapi kali ini saya coba masak ikan mas dengan instruksi dari ibu.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan mas, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pesmol ikan mas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pesmol ikan mas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pesmol Ikan Mas memakai 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pesmol Ikan Mas:
  1. Ambil ikan mas ukuran sedang
  2. Sediakan jeruk nipis
  3. Sediakan sereh, ambil bagian putihnya, geprek
  4. Ambil daun salam
  5. Sediakan daun jeruk
  6. Sediakan daun kunyit (skip krn ga ada)
  7. Sediakan lengkuas, geprek
  8. Gunakan cabe merah, iris serong
  9. Siapkan cuka masak
  10. Ambil Santan secukupnya (skip)
  11. Siapkan Cabe rawit / cengek (optional)
  12. Ambil Garam, gula putih
  13. Ambil Penyedap rasa secukupnya (optional)
  14. Ambil Bumbu halus :
  15. Ambil bawang merah
  16. Ambil bawang putih
  17. Gunakan jahe
  18. Siapkan kunyit bakar
  19. Sediakan ketumbar bubuk
  20. Ambil merica bubuk
  21. Siapkan kemiri

Resep Pesmol Ikan Mas Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Sajian sedap dengan bahan dasar ikan mas yaitu Ikan Mas Pesmol. Mudah sekali dibuat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya.

Langkah-langkah membuat Pesmol Ikan Mas:
  1. Cuci bersih ikan mas. Lalu lumuri dengan garam dan jeruk nipis. Simpan dalam kulkas 30 menit sampai 1 jam.
  2. Panaskan wajan, beri minyak. Goreng ikan mas hingga garing
  3. Kurangi minyak bekas goreng ikan. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, sereh, daun jeruk, lengkuas
  4. Masukkan ikan mas goreng ke dalam bumbu. Beri air atau santanhingga ikan tertutup. Jika sudah mendidih tambahkan garam, gula, penyedap rasa dan cuka. Aduk rata. Biarkan hingga air berkurang
  5. Tes rasa. Tambahkan cabe merah iris, aduk rata hingga cabe layu. Jika sudah sat, matikan api dan hidangkan

Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Resep Ikan Mas Pesmol Bumbu Kuning Enak - Jika membicarakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi, ikan pasti termasuk di dalamnya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pesmol Ikan Mas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved